DPC PDIP Hijaukan Embung Bagelen

Pj Kades Sokoagung Kaswandi menuturkan, kepedulian itu memang diharapkan masyarakat untuk mendukung pelestarian kawasan tangkapan air, sekaligus meningkatkan fungsi embung. Apalagi, katanya, embung tersebut tidak hanya digunakan warga Sokoagung, tapi juga masyarakat desa sekitar.

Penghijauan kawasan embung akan memperkuat bangunan penangkap air itu dari ancaman longsor. “Lereng embung lebih kuat menahan longsor, selain itu apabila kelak tanaman besar, hasilnya akan dirasakan masyarakat, termasuk untuk mendukung program pengembangan kawasan wisata embung,” ungkapnya.

Sementara itu, aktivis lingkungan dari komunitas Kawulo Bogowonto Nicolaus Legowo mengemukakan, masalah lingkungan harus menjadi perhatian seluruh masyarakat. Nicolaus juga mendorong seluruh desa di Purworejo memiliki peraturan desa terkait pelestarian lingkungan. “Misalnya diatur kalau ada kelahiran atau pernikahan, maka keluarga itu diwajibkan menanam pohon. Jika ada dan dipatuhi, maka Purworejo semakin hijau dan akan ada banyak manfaat yang dirasakan masyarakatnya,” tandasnya.(Jas)

BERITA REKOMENDASI