DPC Peradi Magelang Kerjasama PKPA dengan FH Unimma Magelang

Editor: Agus Sigit

MAGELANG, KRJOGJA.com – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Magelang dan Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) teken kerjasama untuk pelaksanaan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA).

Ketua DPC Peradi Magelang, Ida Wahidatul Hasanah mengatakan PKPA sangat penting sebab sebagai langkah menyiapkan calon-calon pengacara handal sekaligus berkualitas dalam penanganan di bidang hukum.

“PKPA akan digelar di Unimma. Rencana pada pertengahan bulan September 2022 mendatang,” kata Ida Wahidatul Hasanah, Senin (25/7/2022).

Dia mengatakan PKPA pada September tersebut merupakan angkatan ke tiga. Sementara untuk angkatan keempat rencana akan digelar di awal tahun 2024.

Penandatangan disampaikan dilakukan antara dirinya sebagai Ketua DPC Peradi Magelang, dan pihak Unimma yang diwakili Dekan Fakultas Hukum Unimma, Dyah Adriantini Shinta. Isi perjanjian antara lain pelaksanaan PKPA.

Dia menyampaikan PKPA akan diisi kalangan praktisi dan akademisi, termasuk Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Peradi, salah satunya adalah pengacara senior, Otto Hasibuan.

Ida mengatakan PKPA sendiri disebut sebagai salah satu program yang memiliki urgensi cukup besar di bidang hukum. Pasalnya, program tersebut merupakan salah satu wadah dalam mencetak para pengacara handal di masa depan.

Menurutnya hukum merupakan salah satu bidang yang banyak melekat dan bersentuhan langsung dengan berbagai bidang lain. Baik dalam konteks kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Tiap waktu ke waktu kita perlu mengupayakan peningkatan kualitas hukum, sehingga menjadi keutamaan tersendiri untuk mencetak para praktisi maupun akedemisi di bidang hukum,” kata dia.

Disampaikan PKPA juga sebagai tonggak regenarasi advokat. Advokat muda diharapkan mampu memegang tongkat estafet di masa-masa mendatang.

Dekan Fakultas Hukum Unimma, Dr. Dyah Adriantini Shinta Dewi mengatakan ke depan banyak mahasiswa dari Fakultas Hukum Unimma yang dapat meneruskan karir menjadi seorang advokat berkualitas dalam penanganan masalah hukum.

“Ini sebuah kesempatan emas. Dengan kerjasama ini kami berharap terjadi simbiosis mutualisme demi upaya memajukan bidang hukum dengan mencetak kader-kader advokat muda berkualitas, termasuk di dalamnya adalah mahasiswa-mahasiswi dari Unimma,” kata dia. (Osy)

 

BERITA REKOMENDASI