DPRD Kabupaten Magelang Dorong Pengembangan Wisata Budaya

Budaya yang dimaksudkan bukan hanya dalam pengertian sempit berupa kegiatan seni budaya tetapi budaya masyarakat dalam arti luas yakni tradisi dalam menjalani kehidupan.

Sejumlah objek wisata muncul di Kabupaten Magelang di masa pandemi ini, di antaranya wisata alam puncak Silancur di Kecamatan Kaliangkrik yang menawarkan pemandangan gunung Sumbing dan lembah Magelang, Taman Svargabumi di Borobudur yang menawarkan spot foto persawahan yang eksotik dan Nepal Van Java yang menawarkan pemandangan pemukiman bertingkat di Gunung Sumbing.

Objek wisata yang muncul tersebut, menurut Grengseng, merupakan jenis wisata budaya yang memanfaatkan potensi yang sudah ada di wilayah setempat. Pegunungan dan lembah adalah anugrah alam Kabupaten Magelang. Pertanian, persawahan dan kehidupan masyarakat pegunungan adalah budaya masyarakat Magelang.

Tidak perlu ada penciptaan atau pembangunan sebuah objek wisata baru tetapi kegiatan budaya masyarakat setempat ternyata menjadi daya tarik bagi wisatawan. “Nah, seperti ini, inovasi tidak harus membuat wisata baru, tetapi memanfaatkan potensi yang sudah ada menjadi tempat wisata,” jelas Grengseng.

Potensi yang sudah ada ini, harus didukung untuk pengembangannya. Di sinilah peran Pemerintah Daerah diperlukan. Pemda perlu mendorong masyarakat untuk mememanfaatkan budaya mereka menjadi daya tarik wisata. Pemda juga perlu melakukan sinkronisasi dan memberikan guidance (petunjuk) untuk arah pengembangan pariwisata ke depan.

BERITA REKOMENDASI