DPRD Kebumen Gelar Rapat Paripurna Usul Pelantikan Wabup Kebumen

Editor: KRjogja/Gus

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Rencana pelantikan Wakil Bupati (Wabup) Kebumen, KH Yazid Mahfudz, sebagai Bupati Kebumen definitif ditindaklanjuti oleh DPRD Kebumen dengan menggelar Rapat Paripurna Internal beragendakan Pengusulan Penetapan Wakil Bupati Menjadi Bupati Kebumen, Kamis (20/12/2018), di Aula DPRD Kebumen.

Sekretaris DPRD Kebumen, Siti Kharisah MM, mengungkapkan bahwa rapat paripurna tersebut merupakan mekanisme yang harus dilaksanakan oleh DPRD Kebumen guna menetapkan Wabup Yazid Mahfudz sebagai Bupati Kebumen definitif menggantikan Ir Muhammad Yahya Fuad yang telah diberhentikan oleh Mendagri, belum lama ini.

Pemberhentikan Muhammad Yahya Fuad sebagai Bupati Kebumen oleh Mendagri berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri Nomor 121.33-8646 Tahun 2018 menurut Siti Kharisah merupakan dasar bagi DPRD Kebumen untuk menggelar Rapat Paripurna Internal tersebut. 

"Setelah  rapat paripurna inin selesai, maka hasilnya akan kami kirimkan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur Jawa Tengah. Bila usulan itu disetujui Mendagri, maka agenda berikutnya berupa penetapan yang dilanjutkan pelantikan bupati definitif," ujar Siti. 

Adapun pelantikan bupati definitif nantinya akan dilakukan oleh Mendagri atau Gubernur Jawa Tengah selaku pejabat yang mendapatkan kewenangan dari Mendagri.

"Dengan demikian, waktu pelantikan bupati definitif ditentukan oleh pejabat yang akan melantik. Kami di DPRD Kebumen hanya tinggal menunggu waktu yang akan ditetapkan oleh Mendagri atau Gubernur," jelas Siti. (Dwi)

 

BERITA REKOMENDASI