DPRD Magelang Soroti Pengelolaan Pasar Muntilan

MAGELANG, KRJOGJA.com – Dualisme pengelolaan pedagang dan parkir di Pasar Muntilan, disorot Komisi II DPRD Kabupaten Magelang, dalam rapat koordinasi dengan Bagian Perekonomian dan Dinas Perdagangan, Pasar, Koperasi dan UMKM (disdagsarkop dan UMKM), Selasa (9/6/2020). Di sisi lain, masih banyaknya pedagang yang berjualan disisi Jalan Klangon sekitar Pasar Muntilan, juga dikeluhkan karena seharusnya mereka sudah masuk dan berjualan didalam pasar.

“Saya mendengar, membaca dan melihat sendiri, ada ketidakberesan di pasar muntilan. Informasi yang kami dapatkan, ini terjadi karena adanya dualisme pengelolaan pedagang dan parkir. Ini yang menyebabkan, ada lokasi yang digunakan tidak sesuai peruntukkannya. Kemudian saat ini masih banyak pedagang yang memilih berjualan diluar. Karena didalam sepi,” kata Gunawan, anggota Komisi II dari Fraksi PKB.

Untuk menyelesaikannya, kata Gunawan, dibutuhkan ketegasan dari Disdagsarkop dan UMKM selaku instansi yang berwenang mengelola pasar. Selain itu juga dibutuhkan terobosan-terobosan agar Pasar Muntilan dapat segera beroperasi normal. “Saat pandemi covid-19, seharusnya bisa menjadi momentum untuk menata pasar muntilan dan lainnya. Namun ini dibutuhkan ketegasan dan keberanian dari disdagsarkop dan UMKM,” imbuh Gunawan, dari Fraksi PDIP.

BERITA REKOMENDASI