Dua Jamaah Haji Asal Magelang Meninggal

MAGELANG, KRJOGJA.com – Dua orang jamaah haji asal Kabupaten Magelang meninggal dunia di Mekkah saat melaksanakan ibadah haji. Sebelum keduanya meninggal Sabtu (02/09/2017) kemarin, mereka diketahui menderita sakit akibat kelelahan dan cuaca yang panas.

"Dua orang jamaah yang meninggal dunia yakni Martiah (66), warga Kalangan, Desa Adikarto, Kecamatan Muntilan dan Suwarno (59), warga Sledekan, Desa Sriwedari, Kecamatan Salaman. Keduanya berasal dari kloter 59," kata Petugas Haji Non Kloter Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang, Ahmad Rosyidi, Selasa (05/09/2017).

Selain Martiah dan Suwarno, kata Ahmad, ada beberapa jamaah yang dirujuk ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) karena kelelahan akibat suhu panas yang ekstrem di Mekkah. "Almarhumah Martiah juga sempat kelelahan akibat suhu panas yang ekstrem hingga kemudian dilarikan ke klinik. Keadaan umum almarhumah mulai menurun sejak prosesi wukuf di Arafah, ditambah nafsu makan dan minum menurun, membuat dehidrasi berat," terangnya.

Ahmad menambahkan, untuk almarhum Suwarno diketahui sempat berhalangan ikut prosesi lempar jumrah karena usia dan riwayat penyakit. "Pada saat visitasi perorangan, almarhum mengaku kadang sesaknya hilang dan timbul. Kemudian, yang bersangkutan sempat diberi obat untuk sesak dari RS King Faisal," jelasnya.

Suwarno, menurutnya, juga sempat melakukan perjalanan kembali dari Mina ke Maktab menaiki bus. Di dalam bus, dia sempat mengeluh tidak enak badan dan kelelahan. "Setelah sampai di hotel, almarhum tampak sesak, dan langsung diperiksa petugas kesehatan. Usai meminum obat sesak, yang bersangkutan mengaku sesaknya berkurang,” ungkapnya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI