Dua Pegawai DLH Kabupaten Magelang Jadi Tersangka Kasus Dana Operasional BBM Mobil Sampah

MAGELANG, KRJOGJA.com – Kejaksaan Negeri Kabupaten Magelang resmi tetapkan dua orang pegawai di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Magelang sebagai tersangka. Dua orang pegawai tersebut adalah INS merupakan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) DLH dan B Kasubag TU sekaligus kasir UPT DLH. Mereka ditetapkan tersangka karena diduga melakukan tindak pidana korupsi dana operasional BBM mobil sampah tahun 2020 senilai Rp 700 juta lebih.

INS dan B keluar dari ruang pemeriksaan Kejaksaan Negeri Magelang mengenakan baju orange dengan tangan diborgol serta dikawal pegawai Kejaksaan ke mobil tahanan, Rabu (3/10/2021) kemarin pukul 15.30 wib. Keduanya akan dititipkan sementara di tahanan Polres Magelang untuk 20 hari kedepan.

Kepala Kejaksa Kabupaten Magelang, Dandeni Herdiana SH, MH mengungkapan, hari ini (kemarin) pihaknya telah menetapkan dua orang tersangka tindak pidana korupsi dalam pengolalaan dana operional BBM tahun 2020 yang mengakibatkan kerugian keuangan negara Rp 700 juta lebih. “Hari ini (kemarin) kita menetapkan dua orang tersangka tindak pidana korupsi dana operasional BBM pengelolaan sampah pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang tahun anggaran 2020. Mereka adalah INS kepala UPT dan perempuan inisial B Kasubag TU selaku Kasirnya. Kalau sementara ini, tapi masih perkiraan ya jumlahnya mencapai Rp 755 juta, tapi nantinya masih akan ada penghitungan lagi oleh ouditor,” jelasnya.

Kajari menjelaskan, bahwa penetapan kedua tersangka ini berdasarkan penetapan penyidikan pada 13 September 2021 lalu dari penyelidikan yang sudah dilakukan sebelumnya serta ditemukan alat bukti kuat sebagai tindak pidana korupsi. Modus operandi yang dilakukan dua tersangka ini yakni dengan melakukan pemalsuan kwitansi dan nota pembelian bahan bakar minyak (BBM) pada operasional mobil sampah tahun anggaran 2020.

BERITA REKOMENDASI