Duh..127 Santri di Salah Satu Ponpes Purwokerto Positif Covid-19

Editor: KRjogja/Gus

PURWOKERTO,KRJOGJA.com – Penyebaran virus Covid-19 di pondok pesantren (ponpes) di Kabupaten Banyumas, sudah terjadi di dua ponpes di Banyumas yakni di Kelurahan Purwanegara, Kecamatan Purwokerto Utara, dan Desa Karanggintung, Kecamatan Sumbang. Klaster pondok pesantren muncul setelah beberapa hari lalu, ada sejumlah santri mengalami keluhan akibat virus Covid-19.

Bupati Banyumas Achmad Husein, Kamis (24/9/2020) menjelaskan sebanyak 127 santri di salah satu ponpes di Kelurahan Purwanegara, Kecamatan Purwokerto Utara, terkonfirmasi positif Covid-19. ” Ada 292 santri yang diswab yang sudah keluar hasilnya 203 . Dan sebanyak 127 di antaranya positif Covid-19, sedangkan 76 santri hasilnya negatif,” kata Achmad Husein.

Untuk swab 89 santri lainnya, hingga saat ini masih menunggu hasil dari laboratorium. Dijelaskan swab massal dilakukan setelah salah satu santri di ponpes tersebut lebih dulu dinyatakan terinfeksi Covid-19.

Selanjutnya 127 santri yang dinyatakan positif Covid-19 diisolasi di Balai Diklat Baturraden. Sedang santri yang negatif dipulangkan. Rencananya Pemkab Banyumas akan segera melakukan swab massal seluruh santri di ponpes tersebut yang berjumlah 588 orang.

Sampai saat ini yang belum diswab sebanyak 296 orang. “Kalau nanti hasilnya positif akan diisolasi, kalau hasilnya negatif akan dipulangkan,” ungkapnya.

Selain di ponpes Kelurahan Purwanegara, Purwokerto Utara, sebelumnya ada sembilan santri di ponpes Desa Karangginting, Kecamatan Sumbang juga terkonfirmasi Covid-19. (Dri)

 

BERITA REKOMENDASI