Edukasi Penyandang Disabilitas dengan Terapi Psikologis

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Berawal dari keinginan untuk memberikan edukasi sekaligus motivasi bagi para penyandang disabilitas yang tergabung dalam kelompok Difable People Organization (DPO) Kabupaten Purworejo, tim peneliti dari Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) melakukan penelitian mengenai berbagai teknik terapi melalui refleksi dari Al Quran surat Al Fatihah sebagai self healing (penyembuhan diri) dari berbagai persoalan psikis sehari-hari.

“Kegiatan ini sangat baik dan kami sangat apresiasi karena mampu memberikan motivasi dan menjadikan kami lebih semangat dalam meniti kehidupan sebagai seorang disabilitas,” kata ketua DPO Purworejo Suroso, Minggu (18/8/2019).

Kegiatan ini diharap dapat berlanjut untuk diberikan pula pada keluarga penyandang disabilitas, karena banyak keluarga yang masih belum bisa menerima kondisi anggota keluarganya yang menyandang disabilitas.

Sedang bentuk kegiatan ini berupa terapi psikologis melalui pendekatan spiritual yakni dengan merefleksi kandungan surat Al Fatihah. Kegiatan yang dipimpin Singgih Arif Widodo ST MKom ini mngambil tema Al Fatihah Reflection Therapy, yang sekaligus sebagai tindak lanjut Program Penelitian Dosen Pemula, sebagai salah satu program penelitian dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI.

H Nasrudin MSI selaku dosen UMP yang mengampu mata kuliah Al Islam dan Kemuhammadiyahan memberikan materi terkait dengan keistimewaan surat Al Fatihah serta bagaimana memaknainya dalam keseharian.

Disamping itu dosen Program Studi Psikologi UMP Widyaning Hapsari MPsi juga menyampaikan materi teknik terapi melalui refleksi dari surat Al Fatihah sebagai self healing.(Nar)

BERITA REKOMENDASI