Efek YIA, Konsumsi Listrik Purworejo Tumbuh 4,46 Persen

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Tingkat konsumsi listrik Kabupaten Purworejo tumbuh 4,46 persen sepanjang tahun 2021. Peningkatan itu dipengaruhi beroperasinya Yogyakarta International Airport (YIA).

Konsumsi listrik tahun 2021 naik dibandingkan permintaan pada tahun 2020 yang hanya tumbuh 2,6 persen. “Secara year on year, ada peningkatan konsumsi listrik di Kabupaten Purworejo,” ungkap Manajer Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Magelang Yunarsih, kepada KRJOGJA.com, usai Multi Stakeholder Forum 2021, Rabu (15/12/2021).

Berdasarkan pemetaan yang dilakukan UP3 Magelang, konsumsi listrik didominasi sektor industri dan bisnis. Selain itu, pertumbuhan sektor UMKM dan permukiman juga menyumbang kenaikan konsumsi listrik.

Menurutnya, bandara memang terletak di wilayah Kabupaten Kulonprogo Yogyakarta. Namun, katanya, efek turunan dari keberadaan bandara itu banyak dirasakan masyarakat Kabupaten Purworejo.

PLB UP3 Magelang, lanjutnya, akan mendukung geliat perekonomian tersebut dengan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Kami melakukan pemetaan dan untuk Purworejo sekarang juga sudah ada regulasi tata ruang. Kami melihat sekarang ini investasi sedang mengarah ke Purworejo dan PLN akan menjawab peluang itu dengan semakin meningkatkan pelayanan,” tuturnya.

Infrastruktur dan ketersediaan listrik di Kabupaten Purworejo, katanya, akan mampu mencukupi kebutuhan industri yang bakal tumbuh di wilayah itu. Suplai listrik Purworejo dicukupi gardu induk berdaya 150 KVA.

“Kapasitas daya sebesar 150 itu, baru digunakan sebanyak 40 persen. Masih banyak cadangan dan kami siap memenuhi kebutuhan investor besar yang masuk ke Purworejo,” ungkapnya.

BERITA REKOMENDASI