Ekskavasi Liyangan Tunggu Jadwal Balai Arkeologi

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Ekskavasi lanjutan pada Situs Liangan di lereng gunung Sindoro di Dusun Liangan Desa Kecamatan Ngadirejo Temanggung masih menunggu jadwal dari Balai Arkeologi (Ballar) Yogyakarta dan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah.  Namun diperkirakan pada Agustus atau September mendatang.

"Kepastian ekskavasi masih menunggu jadwal dari Balar dan BPCB. Tim dari keduanya masih sibuk. Untuk ekskavasi lanjutan tetap ada tahun ini," kata Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Temanggung Didik Nuryanto, Jumat (21/7).

Dia mengatakan telah menjadi program dari Balar, BPCB dan Pemkab Temanggung untuk ekskavasi guna mengungkap misteri di situs Liangan. Ekskavasi setidaknya satu tahun sekali dengan pendanaan dari APBD dan APBN. Hasil dari ekskavasi itu telah dipublikasikan melalui media massa dan jurnal ilmiah. " Ekskavasi diprogramkan sampai betul-betul terungkap, sehingga butuh waktu lama," katanya.

Dikatakan tim tidak berani  grusa-grusu dalam ekskavasi sebab dikhawatirkan jejak sejarah yang ada di tempat tersebut hilang, dan banyak benda budaya rusak.  "Bila ini terjadi maka ekskavasi akan percuma saja, padahal tujuan ekskavasi adalah mengungkap misteri kehidupan nenek moyang dari berbagai sisi, seperti tradisi budaya, sosial, politik dan teknologi. "

Dikemukakan pada tahun anggaran 2017 dianggarkan dana sekitar Rp 300 juta untuk ekskavasi.  Rencana, sepanjang 2017 akan ada dua kali ekskavasi di situs yang merupakan peninggalan zaman Mataram kuno tersebut. (Osy)

BERITA REKOMENDASI