Embung Sidomukti Berfungsi Ganda

KEBUMEN KRJOGJA.com -Embung Sidomukti di Desa Sidomukti Kecamatan Kuwarasan Kebumen yang merupakan embung dataran rendah pertama di Kebumen, sudah bisa difungsikan secara ganda di tengah berlangsungnya musim penghujan kali ini. " Fungsi pertama adalah sebagai pengendali banjir karena mampu menampung air limpahan dari Bendung Karet Sungai Jatinegara dan limpahan air Sungai Jatinegara yang terjadi karena rob atau arus balik air dari arah muara laut. Rob ini terjadi saat air laut pasang," ungkap Kasi Air Baku Dinas pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) kebumen, Fajar Rahmanto, di Kebumen, Minggu (26/01/2020).

Sebelum dibangun Embung Sidomukti, pada musim penghujan khususnya saat terjadi hujan deras yang cukup lama, air dari Bendung Karet Jatinegara dan air rob kerap melimpah dan membanjiri pesawahan dan pemukiman warga yang merupakan dataran berbentuk cekung. " Selama musim penghujan kali ini embung berkapasitas 7 ribu meter kubik itu mampu menampung limpahan air penyebab banjir di kawasaan itu," ujar Fajar. Selama embung difungsikan sebagai pengendali banjir, pintu air di bagian ujung embung ditutup. Sedangkan fungsi kedua adalah sebagai pemasok air bagi areal sawah sekitarnya bila tengah kekurangan air. "

Pintu air akan dibuka bila areal sawah sekitarnya kekurangan air dan membutuhkan oncoran air dari embung," ujar Fajar.(Dwi)

 

 

BERITA REKOMENDASI