Empat Calon Kades Mendapat Suara Sama

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahap dua di Kabupaten Purworejo berjalan lancar. Bahkan animo masyarakat untuk menggunakan hak suaranya cukup tinggi, mencapai sekitar 80 persen.

Sementara itu empat orang calon Kades berhasil meraih suara sama. Namun karena aturan, Pilkades tetap tidak diulang. Pemenangnya ditentukan oleh sebaran suara yang lembih merata.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (Dinpermades) Purworejo Agus Ary Setiadi SSos, Jumat (1/2) menjelaskan, pelaksanaan Pilkades serentak di 343 desa di seluruh kecamatan berhasil diselesaikan hingga malam hari. Bahkan rekap suara berhasil diterimanya pada tengah malam.

“Antusias masyarakat cukup tinggi. Ini dapat dibuktikan dengan tingkat kehadiran yang kami perkirakan mencapai sekitar 80 persen,” katanya.

Sementara itu dari hasil Pilkades serentak ini menurut Agus Ary Setiadi, ada empat calon yang meraup suara sama. Yakni Pilkades Desa Karangrejo. Dari tiga kandidat, calon Patnani mendapat suara sama dengan Ngateman masing-msing 388 suara, dan rival lainnya Mardiyono 153 suara. Juga di Desa Kebondalem Kecamatan Kutoarjo. Di desa ini calon Kades Purwanto dan Syamsul Ngarifin masing-masing mendapat dukungan 173 suara, dan lainnya Usul mendapat 158 suara.

Namun dari hasil sebaran suara untuk Desa Kareangrejo Patnani dinyatakan sebagai pemenang, dan Desa Kebondalem pemenangnya Purwanto karena suaranya lebih menyebar. (Nar)

 

 

BERITA REKOMENDASI