Empat Rumah di Kaligesing Rusak Tertimpa Pohon

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO (KRjogja.com) – Tiga rumah di Desa Ngaran dan Tlogorejo Kecamatan Kaligesing rusak tertimpa pohon. Bencana terjadi setelah hujan disertai angin kencang melanda wilayah tersebut, Minggu (28/08/2016) sore. Tidak ada korban jiwa dan luka akibat kejadian itu.

Bencana itu merusak rumah Yulianto, Tasir dan Supar warga Desa Ngaran, serta milik Bejo penduduk Dusun Kradenan Tlogorejo. "Rumah saya rusak pada atap, ratusan genting hancur dan kerugian diperkirakan Rp 3 juta," ujar Bejo, salah satu korban kepada KRjogja.com, Senin (29/08/2016).

Menurutnya bencana terjadi begitu cepat dan tidak dapat diprediksi, sebab cuaca pada pagi hingga siang sangat cerah. Namun awan gelap mulai muncul sekitar pukul 14.00, disusul hujan dan angin kencang.

Mengetahui terjadi angin, Bejo mengaku khawatir dan keluar dari rumahnya. "Saya siaga di emperan rumah, mengamati sekeliling. Ternyata tidak lama angin berembus, pohon albasia setinggi 15 meter timbang menimpa rumah," tuturnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purworejo Drs Boedi Hardjono mengatakan, pemerintah menyalurkan bantuan logistik untuk warga yang melakukan kerja bakti membantu korban. Selain itu, tim lapangan juga melakukan pendataan. "Perkiraan kerugian akibat bencana itu sekitar sembilan juta rupiah," ujarnya.

Pihak BPBD meminta masyarakat untuk waspada dan memahami potensi bencana di lingkungannya. Imbauan itu, katanya, harus diikuti mengingat kondisi cuaca yang tidak bisa diprediksi. (Jas)

BERITA REKOMENDASI