Erda Wahyudi Gantikan Burhanuddin

Editor: Ivan Aditya

Suasana pelantikan pada PAW PAN. (Foto : Zaini Arrosyid)
TEMANGGUNG (KRjogja.com) – Bupati Temanggung Mulyadi Bambang Sukarno mengatakan menjadi wakil rakyat dengan duduk sebagai anggota DPRD merupakan pekerjaan mulia. Maka itu anggota DPRD harus selalu ingat dengan niatan luhur dan murni menyalurkan aspirasi rakya untuk peningkatan kesejahteraan dan bukan untuk keuntungan pribadi apalagi merugikan kepentingan rakyat.

"Anggota DPRD harus aspiratif. Saya ucapkan kembali bekerja sebagai anggota DPRD pada saudara Erda Wahyudi," kata Mulyadi Bambang Sukarno, Selasa (08/11/2016).

Dia mengatakan mengenal baik Erda, yang dalam periode lalu 2009-2014 bekerja dengan penuh dedikasi, aspiratif untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Temanggung. Sehingga jika dia kembali menjadi anggota DPRD melalui PAW, akan lekas menyatu dengan teman-teman dewan dan lekas bisa tancap gas dalam bertugas.

Mantan anggota DPRD Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Periode 2009 – 2014, Erda Wahyudi akhirnya kesampaian menjadi anggota DPRD Temanggung kembali setelah sejawatnya, Muh Burhanudin mengundurkan diri. Proses Penganti Antar Waktu (PAW) dilakukan melalui sidang paripurna istimewa di Graha Bumi Phala Senin (07/11/2016).

Pimpinan sidang paripurna Subchan Bazari mengatakan prosedur Penggantian Antar Waktu (PAW) diatur UU Nomor 27 Tahun 2009 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3). Penggantinya anggota dewan yang mengundurkan diri adalah nomor urut dibawahya. "Maka itu pengganti Burhanuddin adalah Erda Wahyudi," katanya.

Dia mengatakan pada sidang paripurna itu Erda mengucapkan sumpah dan janji sebagai anggota DPRD untuk kemudian menerima surat keputusan pengangkatan dirinya sebagai anggota DPRD. Penyematan PIN anggota DPRD dilakukan Ketua DPRD Subchan Bazari.

Ketua KPU Temanggung Sujatmiko menambahkan PAN di Dapil IV mendapat suara 12.262 dan berhak atas satu kursi. Burhanuddin sendiri memperoleh 5446 suara dan Erda mendulang 4139 suara. Pada perjalannya Burhanuddin menyatakan mengundurkan diri. PAN lantas mengurus pergantian antar waktu dan mengajukan Erda Wahyudi.

Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Taufan Sugiyanto mengatakan telah ada kesepakatan antara Muh Burhanudin dan Erda Wahyudi untuk sama-sama menjadi anggota Dewan. "Kami sekedar mengingatkan pada Burhanuddin atas kesepakatan itu," katanya.

Dikatakan, Burhanudin mengundurkan Agustus yang lalu diproses dan baru November ini dilakukan PAW, setelah mendapat rekomendasi DPP. Burhanudin menjadi anggota DPRD selama 2 tahun delapan bulan yang kemudian di lanjutkan Erda Wahyudi. (Osy)

BERITA REKOMENDASI