FAJI Siapkan Lomba Dayung Tingkat Jawa Tengah

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kabupaten Purworejo akan segera menggelar lomba dayung perahu karet tingkat Jawa Tengah (Jateng). Bahkan sejumlah daerah telah menyatakan kesiapannya untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan ini.

“Rencanaya bulan depan akan kita gelar lomba ini, dan tentunya tetap mematuhi protokol covid-19,” kata Ketua Cabang Olahraga (Cabor) FAJI Purworejo Wahyudi, Rabu (29/07/2020).

Dipilihnya lomba dayung perahu karet ini menurut Wahyudi, karena kondisi aliran sungai Bogowonto sebagai arena lomba tidak memungkinkan untuk lomba arung jeram. Airnya menyusut banyak, terutama bagian atas yang biasa dimanfaatkan untuk kegiatan arung jeram.

“Karena kondisi air inilah maka kita menfaatkan untuk lomba dayung perahu karet dengan mengambil lokasi di hilir sungai yang airnya tenang tapi lebih dalam,” jelasnya.

Lokasi yang akan dimanfaatkan untuk lomba lanjut Wahyudi, di aliran sungai Bogowonto di bagian hilir masuk Desa Jogoboyo Kecamatan Purwodadi, di perbatasan Purworejo-DIY. “Di wilayah ini air sungai cenderung tenang tapi cukup dalam. Cocok untuk lomba dayung,” tambah Wahyudi.

Dikatakan pula, untuk memenuhi protokol covid-19, untuk setiap perahu yang biasa diisi enam orang, nanti hanya akan diikuti empat orang atlet, sehingga jarak antar atlet tidak terlalu dekat. Sedang sejumlah daerah yang sudah melakukan konfirmasi untuk mengikuti lomba diantaranya dari Kabupaten Banyumas, Magelang, Temanggung, dan Kabupaten Banjarnegara. (Nar)

BERITA REKOMENDASI