Fasilitas Pendukung Siap Lengkapi Wisata Gunung Tidar

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG (KRJogja.com) – Melakukan pendakian ke puncak Gunung Tidar Magelang, Jumat (16/11/2018), Walikota Magelang Ir H Sigit Widyonindito MT dan Wakil Walikota Magelang Dra Wibdarti Agustina maupun lainnya sempat melakukan peninjauan terhadap beberapa kegiatan pembangunan. Walikota Magelang dan Wakil Walikota Magelang serta Asisten II Sekda Kota Magelang Drs Joko Budiono MM juga sempat singgah ke makam Syeh Subakir.

Dalam acara pertemuan dengan duduk lesehan di kawasan puncak Gunung Tidar, Walikota dan Wakil Walikota Magelang juga sempat menyampaikan beberapa usulan untuk semakin melengkapi keberadaan gunung yang sering disebut dengan istilah "Pakuning Tanah Jawa" tersebut.

Ada dua proses kegiatan pembangunan gardu pandang yang ditinjau, baik yang ada di kawasan tengah maupun di kawasan puncak. Untuk proses pembangunan gardu pandang yang ada di kawasan puncak sudah terlihat struktur bangunannya. Bila sudah selesai proses pembangunannya, dari atas bangunan gardu pandang yang ada di kawasan tengah Gunung Tidar diharapkan nantinya pengunjung akan dapat menikmati keindahan pemandangan Gunung Sumbing dan sekitarnya, termasuk lapangan golf Borobudur International Golf and Country Club.

Sedang dari atas bangunan gardu pandang yang ada di kawasan puncak Gunung Tidar nantinya akan dapat menikmati keindahan pemandangan alam Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, termasuk kemungkinan saat matahari terbit (sunrise). Termasuk melihat Candi Borobudur dari puncak Gunung Tidar. Kualitas bangunan tersebut diharapkan jangan sampai kalah dengan kualitas bangunan tugu yang menjulang tinggi di puncak Gunung Tidar.

Walikota Magelang berkeinginan di Gunung Tidar ada bangunan gardu pandang yang memiliki ukuran 3X50 meter, yang di bagian tengahnya terdapat kacanya sekitar 5-10 meter. Walikota Magelang memberikan inspirasi kepada jajaran OPD di Kota Magelang yang mengikuti kegiatan pendakian ke puncak Gunung Tidar ini, diantaranya bahwa Magelang juga bisa membuat suatu destinasi wisata seperti yang ada di daerah lain atau di negara lain.

Saat berada di puncak Gunung Tidar, Walikota Magelang juga menyampaikan usulan adanya bangunan pendopo untuk berteduh pengunjung atau wisatawan, khususnya ketika turun hujan. Dihadapan beberapa kepala SMP, kepala kelurahan, camat maupun lainnya tersebut Walikota Magelang juga meminta usulan ini untuk dikaji atau dirumuskan terlebih dahulu.

Sementara itu di kawasan puncak Gunung Tidar saat ini juga sedang dibangun Monumen Tanah air Persatuan. Setelah pembangunannya selesai, diharapkan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan dan pelengkap destinasi wisata budaya Gunung Tidar. (Tha)

BERITA REKOMENDASI