Fenomena Alam Intai Kawasan, PMI Purworejo Fokus Bencana Kemanusiaan

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Purworejo diminta fokus dalam penanganan bencana kemanusiaan. Terutama PMI di tingkat kecamatan, agar meningkatkan kemampuannya untuk memberikan pertolongan kepada warga yang membutuhkan.

“Ini karena Purworejo merupakan daerah rawan bencana kemanusiaan, terutama yang terkait dengan fenomena alam yang sering menimbulkan bencana. Terlebih Purworejo merupakan daerah rawan bencana sepanjang tahun,” kata Ketua PMI Purworejo Yuli Hasuti SH pada Musyawarah Kerja (Musker) PMI Kabupaten Purworejo tahun 2018 yang berlangsung di aula SMK Negeri 3 Purworejo, Minggu (18/3/2018).

Musker PMI ini diikuti para pengurus dari tingkat kabupaten hingga tingkat ranting, perwakilan dinas instansi terkait, serta peninjau yang berasal dari berbagai lembaga yang berkepentingan.

PMI lanjut Yuli Hastuti yang juga Wakil Pupati Purworejo ini, perlu kesiapsiagaan, melakukan berbagai upaya terpadu dengan berbagai lembaga terutama Pemerintah Kabupaten (Pemkab). “Begitupun di tingkat kecamatan harus dilengkapi dengan anggota yang sudah terlatih. Perlu melibatkan masyarakat untuk dilatih bersama agar mampu memberikan bantuan kemanusiaan bila mana terjadi sesuatu yang membutuhkan pertolongan,” paparnya.

Purworejo lanjutYuli Hastuti, merupakan daerah yang rawan berncana sepanjang musim. Di musim penghujan bencana banjir, tanah longsor dan angin ribut selalu mengancam. Begitupun di musim kemarau, bencana kekeringan, angin ribut bahkan gelombang laut juga mengancam. “Antisipasi berbagai bencana sosial, pelayanan kesehatan, dan kemanusiaan,” pintanya.(Nar)

 

 

BERITA REKOMENDASI