Festival Kali Kota ke-2, Tabur Ikan di Beberapa Sungai

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG (KRJogja.com) – Masyarakat Kampung Potrosaran 2 Rt 3 Rw 1 Kelurahan Potrobangsan Kota Magelang menggelar Festoval Kali Kota ke-2, Sabtu (13/8/2016). Kegiatan mengambil tema Angkawijaya ini sekaligus menyemarakkan HUT Proklamasi  Kemerdekaan RI le-71 tahun 2016.

Rangkaian festival ini juga diwarnai dengan pelepasan sekitar 30 kilogram ikan ke beberapa aliran sungai di Kota Magelang, diantaranya Kali Progo, Kali Elo, Kali Manggis dan Kali Kota.

ES Wibowo dari Padepokan Gunung Tidar Magelang kepada  KRJogja.com berharap ikan-ikan tersebut dapat berkembang-biak dan dapat membawa manfaat bagi banyak pihak. Kirab budaya mengawali rangkaian kegiatan Festival Kali Kota ini. Selain diikuti warga, kirab budaya juga diikuti santri dari Pondok Pesantren Selamat Kota Magelang, kelompok kesenian tradisional maupun lainnya.

Dalam kirab budaya ini juga dilaksanakan tabur bunga di aliran Kali Kota, yang diawali Pengasuh Pondok Pesantren Selamat Kota Magelang KH Abdurrasyid dan diikuti beberapa tokoh masyarakat. Tokoh Semar, yang diperankan ES Wibowo dari Padepokan Gunung Tidar, juga turun ke tengah aliran Kali Kota untuk menaburkan bunga.

ES Wibowo mengatakan Angkawijaya mengandung makna bilangan atau angka kemenangan bagi Bangsa Indonesia, diantaranya angka 20-5-1908 atau tanggal 20 Mei 1908 yang merupakan Hari Kebangkitan Nasional Indonesia, juga 28-10-1928 atau 28 Oktiober 1928 yang merupakan Hari Sumpah Pemuda, dan 17-8-1945 yang merupakan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI yang merupakan puncak dari segala puncak perjuangan rakyat Indonesia. Dari kegiatan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi warga untuk selalu memikirkan sejak bangun tidur tentang apa yang dapat diberikan kepada kotanya, termasuk kepada bangsa dan negaranya. (Tha)

 

 

BERITA REKOMENDASI