Festival Layang-layang Purworejo Digelar, Peserta dari Luar Negeri Terpukau

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pecinta layang-layang dari empat negara ikut memeriahkan festival layang-layang Purworejo 2019. Kegiatan yang digelar di Pantai Ketawang Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo ini sekaligus sebagai promosi wisata bagi Purworejo.

“Peserta dari luar negeri ikut hadir sebagai eksebishi,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Purworejo Agung Wibowo AP Senin (1/7/2019).

Para penggemar layang-layang yang hadir di Purworejo itu menurut Agung Wibowo diantaranya dari Malaysia, Swedia, Jepang, dan Malaka.

“Sejak awal mereka sudah berjanji akan hadir dalam Festival layang-kayang yang bertajuk Purworejo Kite Festival 2019 ini,” katanya.

Dikatakan, festival ini diikuti 53 klub nasional dan dua klub lokal dari Purworejo. Ada lima nomor yang dilombakan dalam festival ini diantaranya  layang-layang  2 dimensi, 3 dimensi, tradisional, train/nagam, serta rokaku. 
“Dua kelas yang pertama yakni 2 dan 3 dimensi diterbangkan atau lombakan pada hari pertama,” tambah Agung Wibowo. 

Diakui, dengan kehadiran peserta dari  luar negeri secara tidak langsung akan mengangkat nama Purworejo di level internasional. Ini sangat menguntungkan karena selaras dengan tekad menjadikan tahun 2020 sebagai tahun kunjungan wisatawan. “Dengan peserta yang semakin banyak dan penonton yang membludag, akan membawa dampak positif  bagi Purworejo,” jelasnya.(Nar)

BERITA REKOMENDASI