Fondasi Jembatan Ngasem Sumbersari Ambrol

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRjogja.com) – Fondasi Jembatan Ngasem di RT 01 RW 08 Desa Sumbersari Kecamatan Banyuurip Kabupaten Purworejo ambrol. Akibatnya akses alternatif warga desa menuju Kecamatan Banyuurip dan Jalan Raya Purworejo – Yogyakarta itu nyaris putus. Warga melarang truk dan mobil bermuatan barang melintas akses itu.

Jembatan nyaris putus setelah drainase irigasi yang mengalir di bawah jembatan mengalami banjir besar. "Hujan deras di wilayah Purworejo membuat sawah dan irigasi meluap, air buangannya masuk drainase di desa kami dan menggerus fondasi," ungkap Susanto, Ketua RT 01 RW 08 Sumbersari, kepada KRjogja.com, Selasa (20/12).

Fondasi dengan ukuran lebar empat meter dan tinggi dua meter runtuh. Akibatnya badan jembatan menggantung dan hanya ditopang tanah di tepi konstruksi. Warga, katanya, khawatir jembatan runtuh apabila drainase itu banjir.

Menurutnya, apabila jembatan putus, akses ratusan warga di Desa Sumbersari, Tegalrejo, Borokulon dan Borowetan Banyuurip dipastikan terganggu. "Memang hanya jalan desa, namun keberadaan akses itu sangat penting sebagai jalur pintas. Kalau sampai putus, warga harus memutar hingga lima kilometer lewat Pakisrejo Banyuurip," terangnya.

Ketua RT 02 RW 08 Sumbersari Sarno menambahkan, Jembatan Ngasem merupakan bangunan peninggalan Belanda. Pemerintah pernah melakukan renovasi pada tahun 1993. "Jadi jembatan itu memang sudah tua, layak diganti, namun untuk realisasinya butuh biaya besar dan desa pasti kesulitan," tegasnya. (Jas)

 

BERITA REKOMENDASI