Forum SPI Gelar Pertemuan Perdana di Magelang

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG (KRjogja.com) – Forum Satuan Pengawas Internal (SPI) Perguruan Tinggi Negeri Baru mengadakan pertemuan di Hotel Atria Kota Magelang mulai Jumat (6/4/2018) sore hingga Minggu (8/4/2018). Selain hadir di forum bertemakan "Peningkatan Kompetensi SPI PTN  Baru", Inspektur Jenderal Kememristekdikti Prof Dr Jamal Wiwoho SH MHum juga menyampaikan ceramahnya tentang "Peran SPI pada Pencapaian Kinerja PTN baru".

Plt Satuan Pengawas Internal Universitas Tidar yang juga selaku panitia Eva Wulandari SE MSc diantaranya mengatakan pertemuan ini merupakan pertemuan pertama forum SPI PTN Baru, yang bertujuan untuk menjalin komunikasi dan diskusi mengenai berbagai permasalahan yang dihadapi PTN Baru, untuk kemudian dapat menghasilkan beberapa rekomendasi kepada pimpinan PTN, Irjen Kemenrristekdikti dan Kemeristekdikti terkait beberapa permasalahan tersebut.

Pertemuan ini, lanjutnya, juga sebagai ajang silaturahim para ketua, sekretaris dan anggota SPI PTN baru yang biasanya hanya berkomunikasi melalui grup WA, sekarang dapat berkenalan langsung. Selain itu forum ini juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para anggota SPI PTN baru. Pertemuan ini sekaligus akan dibentuk pengurus Forum SPI PTN Baru yang pertama.

Dilaporkan juga, sasaran pertemuan ini adalah seluruh ketua, sekretaris dan anggota SPI 36 PTN baru. Diawal, pihak panitia menerima 20 PTN baru yang telah mengirimkan lembar konfirmasi kehadiran. Akan tetapi sangat disayangkan karena ada beberapa Rektor PTN Baru yang merasa keberatan dengan pembentukan forum ini, maka 3 PTN Baru membatalkan kehadirannya, sehingga ada 17 PTN Baru yang mengirim ketua, sekretaris dan anggota SPI. 

"Total peserta dalam acara ini 41 peserta yang berasal dari 9 universitas, 7 politeknik dan 1 institut," katanya.

Sementara itu Rektor Untidar Prof Dr Cahyo Yusuf MPd kepada KRjogja.com secara terpisah diantaranya mengatakan kegiatan ini diantaranya untuk meningkatkan kemampuan anggota SPI PTN Baru, sehingga perlu ada saling menginformasikan antar PTN Baru, yang tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan pelaksanaan SPI di masing-masing PTN Baru, agar nantinya PTN Baru dapat memahami dan melaksanakan tugas sebaik-baiknya sebagai PTN Badan Hukum maupun PTN Badan Layanan Umum. (Tha)

 

BERITA REKOMENDASI