Gaji Perangkat Desa Kendal Kini Setara ASN Golongan 2A

Editor: KRjogja/Gus

KENDAL, KRJOGJA.com – Perangkat desa di Kabupaten Kendal mulai tahun 2020 ini sudah menerima penghasilan atau gaji setara ASN Golongan 2A dan mendapatkan tambahan gaji 13. Hal ini disampaikan Ketua Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Kendal, Chumaidi pada acara Pelantikan Pengurus PPDI Kecamatan dan Kordes se Kabupaten Kendal di Rumah Makan Ismun, Rabu (8/1).

 

"Kabupaten Kendal termasuk kabupaten di Jawa Tengah yang paling pertama menerapkan kebijakan ini. Tentunya ini berkat kerja sama dan koordinasi yang baik antara PPDI Kendal dengan Pemerintah Kabupaten Kendal," ujar Chumaidi.

Pelantikan Pengurus PPDI kecamatan se Kabupaten Kendal dilakukan oleh Ketua PPDI Pusat Mujito, S.H. sekaligus menyerahan SK pengukuhan.

Ketua PPDI Pusat, Mujito mengatakan, sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2019 yang mengatur tentang penghasilan perangkat desa, mulai tahun 2020 penghasilan perangkat desa minimal setara ASN Golongan 2a dan mendapat tambahan gaji 13. Berdasarkan peraturan tersebut, mulai Januari 2020 harus sudah dicairkan. "Kami, PPDI Pusat menyerahkan sepenuhnya kepada masing-masing daerah sesuai dengan kemampuannya, tapi sesuai PP 11 itu, tetapi selambat-lambatnya mulai Januari 2020 ini harus sudah dicairkan," ijar Mujito.

Mujito juga mengatakan, mulai tahun 2020 ini PPDI Pusat memiliki program nasional tentang persaudaraan perangkat desa se Indonesia. Dalam program itu PPDI se Indonesia akan bahu-membahu membantu jika ada desa yang terkena bencana. "Jika ada bencana, dari masing-masing kabupaten akan mengumpulkan dana hasil patungan para perangkat desa yang akan disumbangkan untuk meringankan beban korban bencana," lanjutnya. (Ung)

 

 

BERITA REKOMENDASI