Gakkumdu Kompak, Penegakan Hukum Pilkada Berwibawa

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Kekompakan antar penegak hukum yang terlibat dalam penangann berbagai pelanggaran pidana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sangat dibutuhkan. Mengingat kekompakan lintas institusi ini akan membawa wibawa tersendiri dalam menjalankan tugas.

“Karena kita terdiri dari tiga instusi (Bawaslu, Kepolisian, dan Kejaksaan) yang tergabung dalam penegakan hukum terpadu (Gakkumdu), maka kita harus kompak,” kata Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito SIK SH MSi, Selasa (10/3/2020).

Dalam audiensi pimpinan Bawaslu Purworejo di Mapolres setempat Rizal Marito menjelaskan bahwa Gakkumdu harus ada persamaan persepsi, dan ini menjadi keharusan.

“Saya berharap ketiga lembaga ini bisa kompak dan punya persepsi yang sama,” tandasnya.

Dijelaskan pula bahwa ketiga lembaga ini juga harus secara intens melakukan koordinasi. Polanya bisa dilakukan melalui pertemuan formal dan informal.

Dalam pertemuan ini Pimpinan Bawaslu yang hadir terdiri dari

Ketua Bawaslu Nur Kholiq didampingi anggota lainnya Ali Yafie, Anik Ratnawati, dan Abdul Azis. Sedang Kapolres didampingi Kabag Ops Kompol Setiyoko.

Rizal Marito juga menamabhkan, bahwa pihaknya siap meneruskan kerjasama dan sinergi yang sudah dibangun dengan Bawaslu selama ini. Dia optimis kerjasama dan sinergi itu bisa dimaksimalkan, jika melihat pola kerjasama yang sudah dijalin dalam mengawal Pemilu 2019.

Pada kesempatan itu Nur Kholiq mengungkapkan, bahwa Bawaslu RI bersama dengan Jampidum, Kejagung dan Bareskrim Mabes Polri saat ini sedang menyiapkan payung hukum untuk kelembagaan Sentra Gakkumdu pada Pilkada. (Nar)

BERITA REKOMENDASI