Ganjar Kunjungi Kawasan Merapi Bicarakan ‘Keluarga Kembar’

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melakukan kunjungan ke wilayah Magelang tepatnya di Pos Pengamatan Gunung Merapi kawasan Babadan, Kamis (16/07/2020). Di tempat ini Ganjar menyempatkan bertemu dengan beberapa kepala desa yang juga datang ke tempat itu.

Dalam kesempatan ini Ganjar berharap para kepala desa mengajak warganya untuk mulai berusaha, baik di bidang pertanian dan perekonomian atau UMKM agar perekonomian dapat tetap berjalan. Gubernur Jateng meminta masyarakat menyiapkan ketahanan pangannya dan tak bergantung hanya pada padi.

“Misalnya menanam palawija maupun lainnya, kalau perlu tanah kosong yang ada ditanami semua. Jadi kita siapkan skenario panjang,” kata Ganjar.

Ganjar juga menginstruksikan agar jalur evakuasi di kawasan kaki Gunung Merapi dipersiapkan. Pengecekan jalur evakuasi di beberapa titik harus dilakukan, termasuk di wilayah Kabupaten Boyolali dan Klaten. “Bupati bekerjasama dengan kita, mana yang perlu diperbaiki, nanti kita perbaiki bersama,” katanya.

Keberadaan jalur-jalur evakuasi menurutnya harus dipersiapkan terlebih dahulu. Karena jika kondisinya tidak baik maka jika terjadi hal yan tak dinginkan terkait kondidi Merapi maka akan berakibat vatal bagi masyarakat.

Ganjar juga menyinggung keberadaan ‘sister village’ atau ‘keluarga kembar’ di Kabupaten Magelang yang menurutnya hal ini juga perlu dipersiapkan. Manakala nantinya terjadi bencana, masyarakat di kawasan kaki Gunung Merapi ini bisa lari ke tempat ‘saudara kembar’-nya. “Syukur-syukur tidak terjadi bencana,” kata Gubernur Jateng. (Tha)

BERITA REKOMENDASI