Ganjar Pranowo Bersama Warga Krendetan Rehab Rumah Sarinah

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan warga Desa Krendetan Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo, membantu merehab rumah Sarinah (85), warga RT 03 RW 02 Krendetan. Dalam dua minggu ke depan, Sarinah akan memiliki rumah layak huni dan sesuai standar kesehatan.

Gubernur hadir sendiri melihat dimulainya pekerjaan rehab rumah, Sabtu (09/09/2017). Ganjar hadir didampingi Ketua DPRD Purworejo Luhur Pambudi Mulyono. Ganjar Pranowo mendapat kehormatan meletakkan batu pertama rehab rumah. Ganjar mengaku mendapat informasi rumah reyot milik Sarinah dari relawan sosial di Purworejo.

"Melihat rumah Sarinah, saya terenyuh. Lalu koordinasi cari bantuan karena kalau andalkan APBD butuh waktu lama, sedangkan keadaannya mendesak," katanya kepada KRJOGJA.com.

Gayung bersambut hingga akhirnya Ganjar bisa membantu senilai Rp 10 juta. Bantuan diwujudkan dalam bentuk bahan bangunan. Ganjar meminta rumah layak untuk kediaman Sarinah yakni dilengkapi jendela, ventilasi, kamar tidur, dapur, kamar mandi, lantai semen dan listrik. Tidak hanya itu, warga juga berkoordinasi hingga terkumpul swadaya untuk membantu rehab.

"Saya sangat senang melihat kegotongroyongan warga membantu Sarinah, ini harus dicontoh masyarakat lain di Jawa Tengah. Inilah sifat asli bangsa Indonesia, bukan saling berseteru, melainkan gotong royong membantu sesama," tegasnya.

Kepala Desa (Kades) Krendetan Heru Sumarno menambahkan, Sarinah layak mendapat bantuan. Selain tinggal di gubuk reyot, anak-anaknya yang tinggal di Krendetan juga bukan warga mampu.

Kepedulian warga, katanya, tidak hanya ditunjukkan dengan kerja bakti memperbaiki runah. Jauh hari sebelum datang bantuan rehab, warga sudah memperhatikan janda itu. "Sarinah dapat jatah rastra, tetangga sekitar juga ikut bantu kiriman untuk makan tiap hari, semua warga memperhatikannya," ucapnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI