Ganjar Pranowo Dorong UMKM Bangkit di Tengah Pandemi Covid-19

MAGELANG, KRJOGJA.com – Gubernur Jawa Tengah, yang juga Ketua Umum PP Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA), Ganjar Pranowo menjadi pembicara di forum diskusi terbatas secara virtual penguatan sektor wisata dan sinergi pelaku usaha dan UMKM dalam menghadapi pandemi Covid-19 bersama Bidang UMKM dan Ekonomi Kreatif KAGAMA Jawa Barat (Jabar), yang dilaksanakan di Balkondes Bumiharjo Borobudur Magelang, Minggu (26/7/2020).

Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Magelang H Basirul Hakim diantaranya mengatakan pandemi Covid-19 dengan segenap imbasnya, menjadi pembangkit solidaritas para pelaku wisata dan UMKM, tidak terkecuali berbagai pelatihan daring selama pandemi digelar, untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM. Tujuannya untuk membantu UMKM agar mampu bertahan menghadapi deraan pandemi.

Inisiatif bahu-membahu terus muncul, termasuk upaya menghubungkan UMKM di Indonesia dengan WNI atau diaspora di luar negeri. Oleh karena itu kegotongroyongan harus terus ditumbuhkan untuk bersama-sama menghadapi pandemi. Solidaritas sebagai sesama pun dapat ditunjukkan melalui kedisiplinan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, apalagi data sekarang masih menunjukkan peningkatan jumlah kasus positif yang meninggal akibat Covid-19 di Indonesia.

Sementara itu di sela-sela kegiatan peninjauan pameran produk UMKM, Ketua Umum Komunitas Pelaku Pariwisata dan UMKM “Bareng Gayeng” Kabupaten Magelang, yang juga Wakil Ketua Bidang Ekonomi Kreatif KAGAMA Jabar, Heru Subagia SIP MM kepada wartawan diantaranya mengatakan masukan-masukan Gubernur Jateng dinilai sangat menginspirasi banyak pihak.T termasuk UMKM, khususnya yang Minggu kemarin juga melakukan dialog virtual dengan Gubernur Jateng.

Dalam kesempatan ini Gubernur Jateng juga memberikan nasehat dan kiat-kiatnya maupun lainnya. (Tha)

BERITA REKOMENDASI