Ganti Kebijakan, Rehab Pasar Unggas Tamanharjo Batal

Editor: KRjogja/Gus

KEBUMEN KRJOGJA.com – Akibat kebijakan terhadap pengelolaan Pasar Unggas Tamanharjo di Kelurahan Tamanwinangun Kecamatan/Kabupaten Kebumen diganti oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab Kebumen) baru-baru ini, pos anggaran proyek rehabilitasi pasar tersebut akhirnya dihapus dari APBD 2018 Kebumen.

"Sebenarnya perencanaan rehab pasar unggas tersebut di tahun anggaran 2018 sudah matang. Hanya tinggal menunggu proses pelelangan dan pelaksanaannya saja," ungkap  Kabid Sarana Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kebumen, Putut Supriyadi SPi, di ruang kerjanya, Kamis (26/04/2018).

Sebelum proses pelelangan proyek rehab tersebut dimulai, di bulan Maret 2018 lalu  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen melalui Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah Kabupaten Kebumen Tahun 2019 mengganti kebijakan terkait pengelolaan Pasar Unggas Tamanharjo.

"Dalam kebijakan yang baru tersebut pasar unggas ini tidak direhab melainkan dibongkar total dan akan dijadikan sebagai pusat keagamaan atau mesjid. Munculnya kebijakan baru ini berdasarkan aspirasi warga sekitar pasar yang resah dengan  aktifitas tak terpuji di dalam area pasar," ujar Putut.

Dengan munculnya kebijakan baru tersebut, Disperindag Kebumen kemudian menarik semua  berkas perencanaan dari kantor Unit Pelayanan dan Pengadaan (ULP) Kebumen dan  mencoret pos anggaran proyek rehab Pasar Unggas Tamanharjo dalam APBD 2018 Kebumen.

"Saat ini sedang dikaji rencana pemindahan pedagang pasar setelah pembongkarannya nanti, termasuk pencarian lokasi pasar unggas yang baru," jelas Putut. (Dwi)

 

BERITA REKOMENDASI