Ganti Rugi 243 Bidang Tanah Terdampak Bendungan Bener Kembali Dibayarkan

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pemerintah kembali membayarkan Uang Ganti Rugi (UGR) atas tanah terdampak pembangunan Bendungan Bener di Kantor PT Pembangunan Perumahan Desa Karangsari Kecamatan Bener. Kali ini, nilai atas 243 bidang tanah di Desa Nglaris, Guntur, dan Bener Kecamatan Bener, serta Kemiri Gebang, dilunasi pemerintah.

Kasi Sengketa Badan Petanahan Nasional (BPN) Purworejo Tukiran mengatakan, pembayaran UGR itu akan dilakukan dalam dua tahap. “Hari ini 201 bidang, sisanya besok (Selasa-red),” katanya menjawab pertanyaan KRJOGJA.com, disela pembayaran UGR, Senin (10/5).

Menurutnya, pembayaran selama dua hari juga memberi kesempatan kepada pemilik tanah yang berhalangan pada hari pertama. “Barangkali ada yang berhalangan, misalnya di luar kota atau sakit, bisa diambil Selasa,” tambahnya..
Namun, apabil tidak dapat mengambil dalam dua hari itu, UGR akan dikembalikan kepada Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN). Pencairannya akan diusulkan ulang pada tahapan selanjutnya.

Pemerintah total akan membayarkan UGR senilai Rp 46,014 miliaruntuk 243 bidang tanah itu. Pada pencairan hari pertama, akan dicairkan Rp 43,58 miliar, sedangkan sisanya pada hari kedua.

BERITA REKOMENDASI