Gara-gara Ular, Listrik di Kota Purworejo Padam

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sebagian besar wilayah Kota Purworejo dan Kecamatan Banyuurip gelap gulita selama satu jam, Selasa (27/03/2018) sekitar pukul sejak pukul 23.30 WIB. Bukannya menyusul kampanye Earth Hour seperti dilakukan masyarakat di berbagai belahan dunia 24 Maret 2018 lalu, melainkan padamnya listri  ini gara-gara ular.

Koordinator Yantek PLN Cabang Purworejo Agus Handayani mengatakan, ular ditemukan melilit kabel jaringan PLN di tepi Jalan Raya Purworejo – Yogyakarta Desa Borowetan Kecamatan Banyuurip. "Binatang melata itu kemungkinan akan merayap ke kabel lain, namun terjadi hubungan arus pendek dan listrik padam," ujarnya kepada KRJOGJA.com, Rabu (28/03/2018) pagi.

Petugas pelayanan gangguan PLN Cabang Purworejo bergerak mencari sumber kerusakan itu. Pasalnya, semalam memang tidak ada jadwal pemadaman listrik.

Pun jadwal pemadaman adanya hanya siang hari ketika petugas melakukan perawatan atau perbaikan jaringan. "Ini pasti ada gangguan di lapangan. Kejadian semacam itu beberapa kali terjadi, misalnya jaringan putus tertimpa pohon tumbang," ucapnya.

Gangguan akhirnya dilaporkan warga tidak lama setelah listrik padam. Mereka melaporkan munculnya bunga api listrik di wilayah Borowetan. Kerusakan juga terlihat dari sistem pelayanan gangguan milik PLN Cabang Purworejo. "Disimulasikan, kerusakan ada di wilayah Borowetan. Pada saat yang sama juga ada laporan warga, petugas meluncur ke lokasi," ungkapnya.

Setelah ditelusuri, petugas menemukan ular mati di atas jaringan. Setelah ular dievakuasi, petugas memulihkan arus dan listrik kembali menyala. "Petugas langsung mengevakuasi dan melakukan perbaikan seperlunya. Listrik padam karena ular jarang sekali terjadi," tuturnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI