Gas Metan TPA Jetis Cukup Untuk 300 Rumah

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pengelola Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jetis di Dusun Gunungtumpeng di Desa Jetis Kecamatan Loano berhasil menguji pemanfaatan gas metan yang dihasilkan dari proses pembusukan sampah.

Instalasi yang terpasang di TPA diperkirakan mencukupi kebutuhan 300 rumah tangga. Gas metan TPA Jetis ditangkap dengan 120 pipa paralon yang ditanam dalam tumpukan sampah. 

"Gas masuk pipa dan air lindi mengalir ke pembuangan, lalu gas bergerak menuju intalasi pemurnian," ujar Koordinator Lapangan (Korlap) Pengelola TPA Jetis, Pono, kepada KRJOGJA.com, Senin (11/12/2017).

Gas yang dimurnikan untuk sementara dimanfaatkan untuk memasak para pekerja di TPA Jetis. Namun karena volume yang dihasilkan lebih besar dari kebutuhan, maka sebagian dibuang melalui cerobong pembakar. Pengelola TPA berencana juga memanfaatkan gas untuk menyalakan mesin genset.

Menurutnya, gas yang dihasilkan cenderung tidak berbau dan minim kandungan air. Api yang dihasilkan dari pembakaran adalah biru, bahkan apabila volume gas diperbesar, api tidak tampak. "Tidak terlihat
bukannya tidak menyala, benda apapun yang ditaruh di atas cerobong akan terbakar," tegasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI