Otot Kawat Balung Wesi, Gatotkaca Jalani Vaksinasi

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJa.com – Kegiatan serbuan vaksinasi nasional TNI – Polri, sehari satu juta orang serentak di 34 Wilayah Polda dalam rangka Hari Bhayangkara ke-75 Tahun 2021 Polres Magelang yang dilaksanakan di Pendopo Lapangan dr Soepardi Sawitan Magelang, Sabtu (26/06/2021), juga diikuti 3 warga yang mengenakan pakaian atau kostum tokoh utama dunia pewayangan dalam Mahabharata dan Ramayana, yaitu Gatotkaca, Burung Garuda dan Hanoman.

Keberadaan 3 ‘tokoh’ ini sempat memberikan warna dan suasana tersendiri. Seperti halnya warga lainnya yang datang ke lokasi dari beberapa lokasi di wilayah Magelang, mereka juga mengikuti vaksinasi. Mereka juga ikut antri proses skrining, termasuk pemeriksaan suhu badan maupun lainnya, dan mereka secara bergantian juga memasuki salah satu bilik untuk vaksinasi.

Kapolres Magelang AKBP Ronald A Purba SIK MSi di sela-sela kegiatan vaksinasi diantaranya mengatakan tokoh wayang tersebut merupakan tokoh yang kuat dan masih divaksin. Didampingi Kabag Ops Polres Magelang Kompol Maryadi SH, Kapolres Magelang menambahkan Covid-19 ini tidak memandang seseorang kuat atau tidak, namun vaksin merupakan kebutuhan bersama.

Juga dikatakan, dalam kesempatan ini juga diberikan suatu gambaran dengan tampilnya beberapa tokoh Nusantara, yaitu Gatotkaca, Hanoman dan Burung Garuda, yang juga ikut antri untuk divaksin. Karena itu masyarakat diminta untuk jangan takut divaksin.

Peserta vaksinasi di lokasi ini ditarget 1.000 orang, dan mengerahkan tenaga kesehatan dari Polres Magelang 12 orang, Kodim 0705/Magelang 8 orang, Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang 7 orang. Jumlah vaksin yang disediakan yang untuk kegiatan di Lapangan Soepardi Sawitan 100 Vial, di Polsek-Polsek 410 Vial. Target vaksin massal ini 5.000, yang terdiri 1.000 orang yang dilaksanakan Polres Magelang dan lainnya di Polsek-Polsek jajaran Polres Magelang masing-masing Polsek 200 orang. Lokasi vaksinasi massal Polsek jajaran Polres Magelang ada yang dilaksanakan di Puskesmas, Kantor Kecamatan atau lokasi lain yang sudah disepakati Muspika.

Sementara itu Vaksinasi Massal tingkat Polres Magelang Kota, juga dalam rangka Hari Bhayangkara ke-75 Tahun 2021 tingkat Polres Magelang Kota, dilaksanakan di 3 titik dengan jumlah sasaran 1.580 orang. Kapolres Magelang Kota AKBP Asep Mauludin, yang didampingi Komandan Kodim 0705/Magelang Letkol Arm Rohmadi SSos MTr (Han) dan Sekretaris Daerah Kota Magelang Drs Joko Budiyono MM mengatakan 3 titik tersebut adalah GOR Samapta diikuti 550 orang, Gedung Kyai Sepanjang 530 orang dan Gedung Wanita Kota Magelang 500 orang. “Vaksin yang diberikan dalam kegiatan ini adalah Vaksin Sinovac,” katanya.

Komandan Kodim 0705/Magelang mengatakan Vaksinasi dilaksanakan secara bertahap untuk menghindari kerumunan. Masih banyak sasaran masyarakat yang belum divaksin. “Kita harapkan dari pelaksanaan vaksin ini akan ada manfaat masyarakat meningkatkan imun. Semoga kedepan kegiatan ini akan terus berlanjut,” katanya. (Tha)

BERITA REKOMENDASI