Gedung Perpustakaan Grabag Siap Digunakan Kembali

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Kabupaten Magelang, Bela Pinarsi, SH MM menghadiri tasyakuran dipakainya kembali Gedung Perpustakaan Umum Kecamatan Grabag, Selasa (08/12/2020) kemarin. Sebelumnya, gedung ini mengalami kerusakan di beberapa bagian. Diantaranya, atap bocor dan belum ada tempat pelayanan khusus untuk anak-anak.

“Selain beberapa hal itu, perpustakaan grabag ini juga belum memenuhi standar protokol kesehatan. Diantaranya belum ada wastafel untuk para pengunjung, belum ada tempat baca dengan pembatas mika dan belum ada ruang sirkulasi buku. Setelah dilakukan renovasi selama satu setengah bulan, hari ini resmi bisa digunakan kembali,” kata Bela Pinarsi disela-sela tasyakuran kemarin.

Disampaikan Bela, jika minat baca masyarakat di Kecamatan Grabag dan sekitarnya, cukup bagus. Rata-rata pengunjung sebelum pandemi Covid-19 lebih kurang 150-an pengunjung per bulan, namun selama pandemi Covid 19 ada pembatasan kegiatan pelayanan, jumlah rata-rata kurang lebih 90 pengunjung per bulan.

“Ditempat ini, fasilitas layanan yang kami berikan, diantaranya beragam koleksi bacaan buku pelajaran, ilmu pengetahuan, ilmu terapan, bacaan segala usia anak-anak sampai dewasa, tabloid, koran, free WiFi dan dalam kondisi normal buka setiap hari senin-kamis jam 07.30-14.00, jumat sampai jam 11.00 dan sabtu sampai jam 12.00 di masa pandemi covid 19 ini sementara ada pembatasan jam pelayanan hari Senin – Sabtu hanya sampai jam 11.00,” jelasnya.

Perpustakaan umum di Kecamatan Grabag ini, lanjut Bela, menjadi satu-satunya kecamatan yang mendapat fasilitas perpustakaan umum tingkat kabupaten. Hal ini sebagai wujud komitmen pemerintah Kabupaten Magelang untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya di bidang literasi.

“Semoga dengan perbaikan dan semakin lengkapnya fasilitasnya, semakin meningkatkan minat baca masyarakat wilayah Kecamatan Grabag dan sekitarnya,” pungkasnya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI