Gelar Kontes Ternak Nasional, Ini Tujuan Pemkab Magelang

MAGELANG, KRJOGJA.com – Memeriahkan HUT ke-36 Kota Mungkid, Dinas Peternakan dan Perikanan (Peterikan) Kabupaten Magelang akan menggelar kontes ternak tingkat nasional Bupati Magelang Cup 2020. Lomba dilaksanakan di PSH (Pasar Hewan) Grabag 14-15 Maret dan PSH Muntilan 18 Maret mendatang. Selain lomba ternak, juga dilaksanakan lomba foto bersama ternak dengan tema “Aku Cinta Ternak”, melalui media sosial dengan #kontesterbakbupatimagelangcup.

“Kontes ini untuk memeriahkan HUT ke-36 Kota Mungkid. Tahun sebelumnya, kami melaksanakan lomba atau kontes khusus kambing Peranakan Etawa (PE) tingkat Jawa – Bali. Untuk tahun ini, lebih lengkap. Selain PE, kami juga mengadakan kontes sapi potong jantan tingkat nasional. Kemudian kontes ternak tingkat kabupaten magelang,” kata Kepala Dinas Peterikan, Ir Sri Hartini didampingi Plt Kepala Bidang Peternakan Achmad Dulroji, Minggu (16/2/2020).

Khusus untuk kontes ternak tingkat Kabupaten Magelang, kata Sri Hartini, akan mempertandingkan tiga kriteria. Meliputi kontes sapi betina, kambing jawa randu dan kobtes domba betina. “Sebagai tahap awal, telah dilaksanakan pembukaan pendaftaran pada Senin (3/2/2020) kemarin dan akan ditutup pada Selasa (25/2/2020) besok. Untuk hadiahnya, selain memperebutkan tropi Bupati Magelang, para juara juga akan mendapatkan uang pembinaan ratusan juta rupiah,” lanjutnya.

Untuk lomba kali ini, tambah Dulroji, pihaknya juga didukung oleh Aspekama (asosiasi peternak kambing magelang) dan APPSI (Asosiasi Peternak dan Penggemuk Sapi Indonesia). “Bagi peserta kontes sapi potong yang membutuhkan informasi, bisa menghubungi pak joko ke nomor 085701474524. Untuk kontes kambing PE, bisa ke mas slamet dengan nomor 085328087422. Sementara untuk kontes ternak, bisa menghubungi petugas inseminator atau PDPP kecamatan atau datang langsung ke kantor dinas peterikan. Bisa juga dengan membuka instragram kami di kontesternakbupatimagelangcup dan facebook di kontesternak Bupatimglcup,” imbuh Dulroji. (Bag)

BERITA REKOMENDASI