Gelar Pilkada, KPU Libatkan Gugus Tugas Covid-19

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo bakal melibatkan tim gugus tugas penanggulangan virus covid-19 dalam pelaksanaan kegiatan tahapan Pemilu Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Bahkan pemilih yang tidak bisa hadir di TPS pada Desember nanti, petugas Pemilu bersama gugus tugas akan mendatangi yang bersangkutan.

“Ini bila mana saat pemungutan suara nanti ada pasien positif covid-19 yang sedang mengisolasi diri, maka petugas Pemilu akan mendatanginya, dan petugas kesehatan yang akan menyerahkan kartu suara,” kata anggota KPU Purworejo divisi hukum Purnomosidi SPd, Selasa (07/07/2020).

Dalam sosialisasi Pilkada 2020 dikatakan, bahwa demi mensukseskan Pilkada nanti, KPU Purworejo juga menyiapkan sejumlah opsi, mengingat Pilkada akan berlangsung di tengah pandemi Covid-19 dan sangat mungkin terjadi perkumpulan orang banyak.

“Semua kegiatan mulai dari susulan tahapan hingga pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara akan diberlakukan protokol covid-19,” jelasnya didampingi anggota KPU divisi SDM Akmaliah SPd MPd.

Begitupun alat coblos berupa paku yang bakal dipegang banyak orang, maka menurut Purnomosidi, ada opsi dengan satu pemilih satu paku, atau menggunakan sarung tangan. “Untuk kepastiannya kita masih menunggu aturan baru dari KPU pusat,” tandasnya.

Dalam kondisi seperti ini menurut Ketua KPU Purworejo Drs Dulrokhim, membutuhkan kerjasama semua pihak, juga kesadaran diri. “Petugas yang saat di rapid test ada indikasi reaktif, walaupun belum positif covid-19 langung kita ganti,” jelasnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI