Generasi Milenial Purworejo Diharap Jadi Pemilih Kritis

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Para generasi millennial yang mayoritas sebagai pemilih pemula dalam Pemilu di Indonesia diharap mampu menjadi pemilih yang kritis. Dalam Pemilu serentak tahun 2019 menjadi titik awal bagi mereka untuk menentukan hak pilihnya sekaligus menentukan masa depan bangsa ini.

Mereka diharap juga mampu menjadi pengawas partisipatif berbasis masyarakat sehingga mampu mempengaruhi pemilih untuk tetap menjalankan demokrasi dengan baik, sesuai ketentuan.

“Mereka akan memilih wakil-wakilnya baik yang duduk di lembaga legislatif, maupun presiden dan wakil presiden dalam Pemilu nanti,” kata Pimpinan DPRD Kabupaten Purworejo Yophy Prabowo SH, Rabu (16/1).

Dalam sosialisasi Pemilu bagi calon pemilih pemula dalam rangka menyongsong sukses Pemilu legislatif dan Pilpres tahun 2019, di SMK YPT Purworejo, Yophy Prabowo juga menandaskan bahwa masyarakat harus mampu memilih calon wakilnya yang berkualitas dan bersih. “Para anggota legislatif inilah yang nantinya akan menyusun arah pembangunan dan kebijakan sesuai kewenangannya, terutama dalam membuat kebijakan melalui peraturan daerah (Perda),” jelasnya.

Sosialisasi Pemilu yang diselenggarakan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Purworejo ini bekerjasama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), DPRD dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Purworejo.

Menurut Kepala Kesbangpol Purworejo Bambang Gatot Seno Aji SE MM, pendidikan politik ini sangat penting bagi pemilih pemula, mengingat mereka ini merupakan generasi yang baru pertama kali akan menentukan hak pilihnya. “Jangan sampai mereka buta untuk memilih pemimpinnya,” katanya. (Nar)

 

 

BERITA REKOMENDASI