Genjot Vaksinasi, Purworejo Kejar Level 2 PPKM

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pemerintah terus menggenjot program vaksinasi dengan sasaran seluruh masyarakat. Upaya itu dilakukan demi menurunkan skala PPKM dari level tiga menjadi level dua.

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM mengatakan, belum turunnya level PPKM karena target vaksinasi PPKM level dua belum tercapai. Pemerintah pusat mensyaratkan sebanyak 50 persen masyarakat sasaran telah menerima vaksinasi dosis pertama untuk menurunkan PPKM menjadi level dua. Vaksinasi lansia juga harus di atas 40 persen.

Berdasarkan data yang dihimpun website Unicef.id pada Kamis 21 Oktober 2021, sebanyak 277.711 warga dari 615.735 sasaran atau kurang lebih 45,1 persen, telah menerima vaksin dosis pertama. Adapun cakupan vaksinasi lansia di Purworejo mencapai 42,7 persen. “Tentunya kita genjot terus, selama ada vaksin akan segera dihabiskan untuk menjangkau sasaran yang belum divaksin,” tutur Agus Bastian, menjawab pertanyaan KRJOGJA.com, Jumat (22/10/2021).

Menurutnya, kasus Covid-19 di Kabupaten Purworejo sudah landai. Tambahan pasien Covid-19 harian di bawah angka sepuluh kasus, sedangkan BOR ICU Covid-19 hanya 12 persen, atau dari 16 tempat tidur tersedia, terisi dua pasien. Meski demikian, Bupati mengimbau masyarakat untuk tetap ketat menerapkan protokol kesehatan.

“Sebetulnya kasus sudah landai, tinggal capaian vaksinasi saja. Namun, pemerintah tetap mengimbau kepada masyarakat untuk tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan, sehingga covid semakin terkendali,” tegasnya.

Sementara itu, Kabupaten Purworejo kembali mendapat jatah 40 ribu dosis vaksin dari pemerintah. Sebanyak 30 ribu dialokasikan lewat Dinas Kesehatan (Dinkes) Purworejo, sedangkan 10 ribu melalui Polres Purworejo.

Kasi Dokkes Polres Purworejo Ipda Warsino mengatakan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pemkab untuk membuka kembali sentra vaksinasi di beberapa wilayah Kabupaten Purworejo. Koordinasi dilakukan untuk memperlancar program serta mencegah timbulnya kerumunan akibat antusiasme warga mengikuti vaksinasi.

“Rencananya mulai minggu depan kami akan melaksanakan sentra vaksinasi lagi seperti kemarin saat di Pendapa Kabupaten Purworejo dan kita utamakan untuk dosis satu,” terangnya.

Pemkab dan Polres Purworejo menerima vaksin jenis Sinovac. “Vaksin Sinovac ini bisa digunakan untuk umur 12 tahun ke atas, ibu hamil, dan lansia,” ungkapnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI