Geopark Karangsambung Karangbolong Masuk Dalam KSPN Borobudur

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Geopark Karangsambung Karangbolong oleh pemerintah pusat dimasukkan ke dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur bersama dengan Borobudur, Dieng dan Geopark Gunung Sewu. 

"Banyak keuntungan yang akan diperoleh geopark milik Kebumen ini di dalam proses pengembangannnya. Diantaranya, terintegrasinya infrastruktur menuju keempat kawasan wisata ini. Proses pembuatan integrasi infrastruktur ini merupakan tugas Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat)," ungkap Kabid Jejaring
Inovasi SDA Maritim Kemenko Kemaritiman dan Investasi, DR Anton Setyo Nugroho, Rabu (27/11/2019).

Anton mengatakan hal itu dalam acara Sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2019 tentang Pengembangan Taman Bumi (Geopark), di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Rabu (27/11/2019), yang diselenggarakan Badan Perencanaan Penelitian
dan Pengembangan Daerah (Bap3da) Kebumen. Untuk, menyambut HUT Ke 1 Geopark Karangsambung Karangbolong pada 30 November 2019. Selain Anton, dihadirkan 3 pembicara lainnya dari Bappenas dan Kementerian ESDM.   

Menurut Anton, sektor pariwisata kawasan geopark terkait erat dengan 3 pilar utama geopark yaitu pendidikan, konservasi dan pemberdayaan masyarakat. Karena, merupakan salah satu pemberdayaan ekonomi masyarakat yang menarik untuk dikelola. 

"Agar tak memakan pembiayaan keuangan daerah yang berlebihan sebaiknya daerah pemilik geopark menggunakan prinsip pengembangan pariwisata berbiaya murah," ujar Anton.

Dicontohkan, pembuatan jalur wisatawan di sebuah geopark di China yang menggunakan serabut kelapa asal Indonesia. 

"Agar pengembangan pariwisata geopark tak berbiaya mahal jadikanlah geopark sebagai sumber penghidupan masyarakat dengan membuat nilai-nilai keekonomian. Nilai-nilai keekonomian ini bisa berasal dari menjual hasil konservasi seperti hutan mangrove dan lainnya," ujar Anton. 

Pembuatan aplikasi Geonesia.co oleh pemerintah pusat saat ini menurut Anton termasuk salah satu upaya untuk membantu memasarkan aset wisata dan produk cenderamata yang dihasilkan warga di kawasan geopark seluruh Indonesia.(Dwi) 

BERITA REKOMENDASI