Gerakan Minum Jamu Mampu Menjaga Kesehatan Dan Membantu Pertumbuhan UMKM

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Sebagai salah satu upaya menjaga kesehatan masyarakat sekaligus ikut serta dalam memajukan UMKM khususnya jamu, Pemerintah Kabupaten Magelang dalam hal ini diwakili oleh, Sekretaris Daerah Adi Waryanto ikut serta dalam kegiatan ‘Gerakan Minum Jamu’ yang diselenggarakan melalui zoom meeting.

Adi Waryanto mengatakan, minimal ada dua hal yang menjadi implikasi atau dampak positif dari minum jamu, yang pertama memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan (Imun) tubuh terutama di masa Pandemi dan ikut membantu pertumbuhan UMKM terutama pembuat jamu.

“Sehingga UMKM khususnya jamu bisa senantiasa terus berjalan, berkembang, termasuk juga membantu kesejahteraan para petani, karena bahan dasar jamu ini berasal dari empon-empon (tumbuhan kesehatan),” kata, Adi usai mengikuti kegiatan Gerakan Minum Jamu melalui zoom meeting bertempat di Ruang Command Center Setda kabupaten Magelang, Jumat (18/6/2021) kemarin.

Kepala Disdagkop UKM Kabupaten Magelang, Basirul Hakim sangat mengapresiasi atas terselenggaranya gerakan minum jamu ini. Menurutnya gerakan minum jamu ini bisa memberi contoh kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan cara tradisional herbal yang lebih terjangkau.

“Paling tidak kita juga ikut membantu melestarikan jamu tradisional sehingga para UMKM pembuat jamu ini menjadi something buat semua orang dengan menggunakan produk yang alami/herbal,” ungkap, Basirul.

Sementara, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menuturkan bahwa, Gerakan Minum Jamu di Jawa Tengah harus di Gas Pol lagi. Ia meminta agar para peneliti tentang jamu bisa menjelaskan mengedukasi kepada masyarakat, bahwa minum jamu sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan.

“Supaya nanti kita semua juga bisa minum jamu dalam negeri. Jamune payu awake sehat (jamunya laku badannya sehat). Apabila itu nanti diberikan kepada para tenaga kesehatan maupun pelayan publik maka akan sangat-sangat bermanfaat,” tutur, Ganjar.

BERITA REKOMENDASI