Giliran Lereng Sindoro Terbakar

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Kebakaran hutan dan lahan terjadi di lereng gunung Sindoro area Kidung Sidempul lor atau alas Sendong masuk Desa Mranggen Tengah Kecamatan Bansari Kabupaten Temanggung, Senin (30/09/2019). Wilayah hutan yang terbakar pada petak 12e-1 masuk RPH Kwadungan BKPH Temanggung KPH Kedu Utara.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung Gito Walngadi mengatakan kebakaran diketahui kali pertama pada pukul 12.30 WIB, dengan dilihatnya adanya kepulan asap. Luas petak 12e-1 memiliki luas baku 15,10 hektare. "Petugas dan warga yang mengetahui ada kebakaran langsung naik untuk memadamkan," katanya.

Disampaikan pemadaman secara tradisional yakni gepyok dengan ranting. Area yang terbakar mempunyai vegetasi campur berupa rumput dan serasah. Mereka yang terlibat diantaranya dari Perhutani, BPBD, relawan, TNI, Polri, warga dan SAR Daerah. Mereka sebagian yang terlibat dalam pemadaman di lereng gunung Sumbing beberapa waktu lalu.

Dikatakan petugas dari Perhutani dan Polri sedang menyelidiki penyebab kebakaran tersebut. Namun biasanya berasal dari perbuatan manusia, seperti tidak memadamkan perapian dengan sempurna sebelum ditinggal pergi atau akibat puntung rokok.

"Pemadaman api sejak siang dan sore hari personel ditarik karena sudah padam. Personel akan berangkat pagi untuk menyisir dan memastikan sudah tidak ada api," katanya, sembari mengatakan sampai sore luasan lahan yang terbakar 3 hektare dan asal api dari seresah kering gambut tebal dan kerugian mencapai Rp 450 ribu. (Osy)

BERITA REKOMENDASI