‘Golden Spider’ Sambut Pengunjung Candi Borobudur

MAGELANG, KRJOGJA.com – Pengunjung Candi Borobudur memperoleh sajian menarik berupa beberapa karya berbentuk laba-laba, Minggu (23/12/2018). Karya laba-laba yang diberi warna kekuning-kuningan tersebut berada di jalur Margautama menuju bangunan Candi Borobudur. Ada yang berada di atas pepohonan yang tumbuh di tengah-tengah jalur Margautama, ada juga yang bergelantungan di jaring-jaring yang terbuat dari potongan besi yang dirakit membentuk jaring-jaring. Bahkan ada juga 'laba-laba' yang berada di atas bangunan gazebo. 

Karya ini merupakan dekorasi utama yang menjadi salah satu daya tarik pengunjung. General Manager Borobudur I Gusti Putu Ngurah Sedana kepada wartawan, Minggu, diantaranya mengatakan keberadaan dekorasi utama ini berlangsung selama masa ramai, yaitu mulai 22 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019 mendatang. Keberadaan karya berbentuk laba-laba ini juga disebut dengan istilah "Golder Spider". 

Laba-laba merupakan makhluk hidup ciptaan Tuhan yang mempuyai kelebihan dalam hal kemandirian dan penggalian potensi diri, dengan mengeluarkan cairan dari dalam dirinya, laba-laba dapat  membuat rumah atau sarang dan dengan sarang tersebut laba-laba bisa mempertahankan diri dari serangan musuh sekaligus dapat mencari mangsa, dengan kelebihan tersebut kita bisa mengambil pelajaran dari kemandirian laba-laba untuk meraih kesuksesan. Sedangkan, warna emas itu sendiri melambangkan keagungan dan kemegahan.

"Candi Borobudur merupakan salah satu warisan budaya dunia yang memiliki potensi yang luar biasa dari sisi sejarah, edukasi, religi dan memiliki kemegahan yang diakui oleh semua orang. Sehingga sudah selayaknya kita semua bangga memiliki Candi Borobudur, serta berpartisipasi dalam memelihara dan menjaga kelestarian Candi Borobudur," jelas Budi Wisatawan Asal Jakarta.

Pada masa ramai libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 Taman Wisata Candi (TWC) mentargetkan jumlah pengunjung sekitar 401.703 orang atau naik sekitar 5 persen dibanding masa ramai tahun 2017, yang saat itu ditargetkan 376.439 orang. Pada masa ramai saat ini ditargetkan ada peningkatan 25.264 orang dibanding tahun lalu.

Ada beberapa wahana disiapkan untuk menghibur pengunjung selama masa ramai yang berlangsung 11 hari tersebut, diantaranya pentas santa clause dan kurcaci, coke'an, pentas perkusi. Kidung Karmawibangga, wayang kulit, gending rohani, opera van jathilan maupun lainnya.(Tha)

BERITA REKOMENDASI