Gubernur Akmil Canangkan Pembangunan ZI Satker Bebas Korupsi

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG (KRJogja.com) – Pembangunan Zona Integritas (ZI) Satuan Kerja (Satker) Akademi Militer Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dicanangkan Gubernur Akmil Mayjen TNI Dudung Abdurachman SE MM di Gedung Moh Lilly Rochli Akademi Militer Magelang, Selasa (12/11/2018). 

Pada kegiatan ini dilaksanakan kesepakatan dan penandatanganan bersama oleh Gubernur Akmil dan Organik Akmil yang hadir perwakilan dari tiap-tiap satuan jajaran Akmil, terdiri dari Perwira, Bintara dan PNS Akmil, seluruhnya berjumlah 900 orang.

Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi yang mengatur tentang pelaksanaan program Reformasi Birokrasi.

Zona Integritas (ZI) merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui Reformasi Birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Gubernur Akademi Militer mengatakan Program Reformasi Birokrasi, yang dicanangkan pemerintah sejak tahun 2010, telah menetapkan program reformasi birokrasi sebagai salah satu program prioritas Reformasi Birokrasi (RB) TNI AD yang merupakan program jangka panjang menuju tata kelola pemerintahan 2025 yang bersih dan bebas KKN, transparan, akuntabel dan profesional. 

Komitmen dan kebijakan TNI AD sangat diperlukan untuk menjamin kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan Reformasi Birokrasi (RB) di lingkungan TNI AD secara konsisten dan berkelanjutan, untuk mendukung program Reformasi Birokrasi TNI AD, maka Akademi Militer dalam menjalankan tugas pokoknya, yaitu menyelenggarakan pendidikan Taruna dan Taruni Akademi Militer menjadi Perwira TNI AD berkualifikasi Akademis Diploma IV Pertahanan dalam rangka mendukung Tugas Pokok TNI AD menyusun perencanaan pembinaan dan pembangunan yang  meliputi perencanaan jangka sedang dalam kurun waktu lima tahun dan jangka pendek satu tahun yang dilaksanakan secara berkesinambungan, sehingga diperoleh berbagai rumusan dengan menentukan arah, tujuan, sasaran strategis dan program kegiatan.

Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI) Akademi Militer Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) memiliki target yang ingin dicapai, yaitu  meningkatnya komitmen seluruh Satuan Kerja di jajaran Akademi Militer dalam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI) Akademi Militer Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Terjadinya perubahan pola pikir dan budaya kerja di Satuan Kerja Jajaran Akademi Militer sebagai Zona Integritas (ZI) Akademi Militer Menuju Wilayah Bebas Korupsi  (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), juga menurunnya resiko kegagalan yang disebabkan kemungkinan timbulnya resistensi terhadap perubahan aturan yang berlaku. (Tha)

 

BERITA REKOMENDASI