Gubernur Akmil: Taruna Harus Berani Bertanggungjawab

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Gubernur Akademi Militer Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman memberikan pembekalan kepada seluruh Taruna Akmil tingkat II, III dan IV yang tidak berdinas khusus di Gedung AH Nasution Akmil Magelang, Kamis (1/8/2019). Jumlah Taruna yang hadir 772, terdiri Tingkat II Batalyon Dewasa 292, tingkat III Batalyon Madya 226, dan tingkat IV Batalyon wreda 254. Para pejabat Distribusi A dan B Akmil dan pengasuh Taruna hadir dalam acara ini.

Gubernur Akademi Militer di forum ini diantaranya memberikan penekanan kepada Taruna dan Taruni agar berani bertanggungjawab dalam setiap perilaku untuk tujuan kedinasan dan arah serta tujuan kebaikan, dengan tetap memegang aturan sesuai dengan Perduptar (Peraturan Kehidupan Taruna) dan Perkustar (Peraturan Khusus Taruna).

Gubernur Akademi Militer juga menekankan pentingnya hubungan senior dan yunior diantara para Taruna. Dalam hubungan tersebut Taruna senior harus dapat menjadi teladan bagi Taruna yunior baik dalam sikap, tindakan maupun perilaku.

"Adakan pembinaan terhadap yunior secara dewasa," tegasnya sambil menambahkan dilarang untuk memperlakukan Taruna yunior secara tidak manusiawi. "Bimbing para Taruna yunior secara hirarkhi, hindarkan hukuman yang bersifat kontak fisik secara langsung," tambahnya. Kehidupan Korps Taruna juga diminta untuk dapat tercipta kehidupan yang harmonis, kondusif dan jiwa korsa yang erat.

Taruna senior harus berani melakukan perubahan sistem pengasuhan kearah yang lebih baik dan modern. "Tinggalkan cara-cara pengasuhan yang tidak baik dan tidak mendidik kearah pembinaan yang mengutamakan kedewasaan 'keras mendidik' dan profesional serta proporsional," pintanya. (Tha)

 

 

BERITA REKOMENDASI