Gudang Garam Mau Beli Tembakau, Asalkan..

TEMANGGUNG (KRjogja.com) –  Perwakilan PT Gudang Garam di Kabupaten Temanggung menyatakan hanya akan membeli tembakau rajangan dari daerah tersebut minimal grade D pada masa panen 2016.

Pimpinan perwakilan PT Gudang Garam Temanggung, Tjong Giong Selasa (9/8) mengatakan pembelian tembakau rajangan pada masa panen 2016 dituntut oleh kantor  pusat untuk lebih selektif  dalam pembelian tembakau. " Kami akan lebih selektif dalam pembelian tembakau rajangan dan hanya membeli tembakau grade D ke atas," katanya.

Dia mengemukakan berdasar surat keputusan dari perusahaan pada tahun ini pembelian tembakau rajangan di Temanggung sangat  terbatas, hanya 8.500 ton. Salah satu faktornya adalah  pembelian tembakau pada tahun lalu berlebihan.

Di tahun kemarin sebenarnya mendapat kuota 8.500 ton, tetapi pada relaisasinya mencapai dua kali lipat. " Perusahaan memutuskan untuk  pembelian tahun ini dibatasi, tahun lalu sudah sangat banyak," katanya, sembari mengatakan kepastian pembelian  tembakau tidak  sebanyak tahun lalu itu sudah disosialisasikan ke petani.

" Kalau hujan terus seperti ini akan sulit  mendapatkan tembakau kualitas baik. Pembelian menunggu hujan tak lagi turun sehingga didapat tembakau bagus," katanya.

Dia mengatakan meski hujan sering turun tetapi daun tembakau di ladang masih bagus, sehingga hasilnya dimungkinkan masih  bisa lumayan. " Kami tunggu saja nanti kualitas tenbakau tahun ini," tegasnya. (Osy)

 

BERITA REKOMENDASI