Gugus Tugas Petakan Sasaran Vaksinasi Covid-19

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo terus melakukan pemetaan dan pendataan terhadap sasaran penerima vaksin virus Corona. Program vaksinasi tetap berjalan dengan berkoordinasi melibatkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah meminta tambahan vaksin virus Corona. Pemetaan dan pendataan yang dilakukan sekarang dengan sasaran pekerja transportasi dan lanjut usia. Sebelumnya langkah serupa juga dilakukan terhadap pedagang pasar tradisional.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo Yunia Wahdiyati, Sabtu (27/02/2021) mengatakan mereka yang sudah selesai dipetakan dan didata serta telah menerima vaksin virus Corona diantaranya 10 tokoh masyarakat, tenaga kesehatan dan pelayan publik. Pemetaan dan pendataan kemudian dilakukan terhadap sasaran penerima vaksin virus Corona dari pedagang pasar tradisional.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo juga melakukan pemetaan dan pendataan terhadap sasaran penerima vaksin virus Corona berikutnya dari pekerja transportasi dan lanjut usia. Proses tersebut dilakukan sebagai persiapan jangka panjang mengingat mereka nantinya juga akan mengikuti vaksinasi virus Corona.

“Pekerja transportasi juga masuk kategori rentan tertular virus Corona karena sering bertemu dan melayani masyarakat. Sedangkan lanjut usia nanti akan dikoordinasikan dengan pemerintah pusat teknisnya seperti apa,” ujarnya.

Yunia menjelaskan, saat pelaksanaan vaksinasi virus Corona setiap sasaran akan menerima dua kali tahapan suntikan. Setiap tahapan memiliki rentang waktu selama sekitar 14 hari untuk melihat reaksi dan perkembangan kondisi penerima vaksin virus Corona. Kondisi tersebut menyebabkan proses menjadi lama karena butuh observasi dilakukan petugas. Disisi lain stok vaksin virus Corona dimiliki Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo juga terbatas dan harus meminta tambahan lebih dulu ke pemerintah provinsi dan pusat.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo Sutarmo mengatakan, memang ada rencana pedagang pasar tradisional jadi sasaran vaksinasi virus Corona. Namun demikian sekarang masih dalam tahap persiapan dan belum diputuskan pedagang pasar tradisional mana yang akan menerima vaksin virus Corona. (Mam)

BERITA REKOMENDASI