Gula Kristal Srikandi Bidik Pasar India

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Setelah berhasil membentangkan pasarnya di disejumlah negara, kini Koperasi Wanita (Kopwan) Srikandi Kabupaten Purworejo berupaya membidik pasar India untuk memasarkan produk gula kristal.

 

“Ini merupakan permintaan pertama kalinya dari India, dan kami akan berupaya melayaninya dengan baik,” kata Ketua Kopwan Srikandi Hj Sri Susilowati SE, Jumat (3/1).

Di sela-sela tasyukuran HUT ke-5 Kopwan Srikandi di Central Processing Unit (CPU) Kopwan Srikandi Desa Wonoroto Kecamatan Purworejo Sri Susilowati menjelaskan, bahwa koperasi yang dipimpinnya berupaya menaungi para petani gula di Purworejo, dan bahkan sebagian dari kabupaten tetangga. Koperasi ini selain memproduksi gula Kristal juga minyak goreng VCO.

“Kami juga sedang melakukan penjajagan atau negosiasi dengan negara Kanada, kemungkinan dalam waktu dekat juga akan eksport ke Kanada,” tambahnya.

Sedangkan pada pertengahan Januari ini dijadwalkan perwakilan dari  negara Pakistan akan datang ke Kopwan Srikandi untuk melihat langsung proses produk gula kristal dan minyak VCO.

Diakui Kopwan Sikandi ini awalnya sebuah LSM Kartinem yang berdiri tahun 2009 dan bergerak dibidang perempuan dan perlindungan anak. “Untuk membiayai LSM Kartinem, membuka usaha minyak goreng dan gula merah dengan mendirikan kelompok usaha bersama (KUB) Mitra Sejahtera.  Tahun 2014 mengurus administrasi Badan hukum dan SK akta notaris. Koperasi ini juga sudah lolos sertifikasi dengan Nomor Identitas Kepabeanan (NIK) sebagai persyaratan untuk eksport ke negara-negara Asia dan Eropa.

Pada kesempatan itu Wakil Bupati (Wabup) Purworejo Hj Yuli Hastuti SH mengapresiasi perjuangan Kopwan Srikandi dalam menekuni usaha minyak kelapa dan gula kristal, bahkan terus meningkatkan usahanya dan berhasil mendirikan sebuah Perseroan Terbatas (PT) yang cakupan jenis usahanya lebih luas. (Nar)

 

BERITA REKOMENDASI