Guru Besar Guangxi University Temukan Produk Unik di Kebumen

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Guru Besar Guangxi University for Nationalities – China, Prof Roy Darmawan MSi, mengaku keheranan saat menemukan produk makanan olahan dari ikan di Kebumen yang menurutnya unik, karena belum pernah ditemukannya di tempat lain di Indonesia maupun berbagai negara yang pernah dikunjunginya.

"Produk unik tersebut adalah kerupuk berbahan baku tulang ikan, yang saya temukan saat saya mendatangi sejumlah perajin makanan olahan dari ikan di Kebumen. Kreatifitas seperti inilah yang dalam prinsip kewirausahaan disebut dengan ungkapan 'mewujudkan sebuah gagasan yang tak pernah dipikirkan oleh orang lain'," ujar Roy Darmawan, saat tampil sebagai pembicara bertema wirausaha dalam acara Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional ke V dan Hari Nusantara ke 17 Tahun 2018. 

Dalam acara yang digelar Dinas Kelautan dan Perikanan Kebumen di Alun Alun Kebumen, Kamis (13/12/2018), guru besar yang pernah menjadi Tim Ahli Menko Perekonomian RI tersebut menekankan tentang pentingnya kreatifitas dalam berwirausaha agar bisa maju dan berkembang. Baik, dalam pembuatan jenis produk maupun pemasarannya.

"Selain mampu membuat gagasan untuk memunculkan produk yang sebelumnya tak pernah dipikirkan orang lain, juga berbisnislah tanpa konflik dengan pihak lain, tak merugikan orang lain. Juga, tak memanfaatkan jabatan, tak kaku dan sempit dalam memasarkannya," papar Roy yang juga pernah menjadi Ketua Pokja Penumbuhan Wirausaha Nasional di depan peserta sosialisasi yang terdiri dari guru dan siswa SD se Kabupaten Kebumen, pejabat serta aktifis sosial kemasyarakatan di Kebumen.

Kewirausahaan menurut Roy seringkali bisa mengubah sampah menjadi emas, air mata menjadi senyum bahagia dan kesempitan menjadi kelonggaran, asalkan dijalankan dengan jiwa kewirausahaan yang kuat.(Dwi)

BERITA REKOMENDASI