Guru Ini Viral Setelah Berbagi Tips Alokasikan Gaji Rp 200.000 di Twitter

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Yan Budi Nugroho, guru honorer SDN Tridadi, Kecamatan Loano. Kabupaten Purworejo viral di media sosial. Ia membuat unggahan tentang tips mengalokasikan gaji Rp 200.000 agar cukup untuk hidup sebulan lewat akun Twitter @yanbudi18.

Yan menuliskan bagaimana membagi gajinya, antara lain untuk BBM motor Rp 40 ribu, jajan pribadi Rp 60 ribu, hadiah siswa berprestasi Rp 30 ribu, traktir pacar Rp 30 ribu, belanja bumbu Rp 20 ribu, dan tabungan nikah Rp 20 ribu. Cuitan itu menjadi viral setelah dibagikan lebih dari 2.300 kali, disukai 5.400 akun, dan dikomentari ratusan netizen.

Yan Budi mengatakan, unggahan itu merupakan pengalaman pribadi ketika memanfaatkan honor yang diperolehnya beberapa waktu lalu. “Berdasar pengalaman saya yang lajang dan tinggal bersama orang tua di desa, saat digaji Rp 200 ribu sebulan. Kalau sekarang sudah ada tambahan insentif setiap bulan dari pemerintah, totalnya dapat sekitar Rp 600 ribu,” ungkapnya kepada KRJOGJA.com, Kamis (11/06/2020).

Menurutnya, unggahan itu bukan untuk mengkritik pemerintah, namun bertujuan mengajak masyarakat agar mensyukuri rezeki yang diperoleh. Yan menyadari cuitannya menimbulkan komentar pro dan kontra terkait nasib guru honorer. “Semua tergantung cara kita memandang rezeki, kalau disyukuri pasti cukup. Kalau tidak, uang satu koper pun akan kurang,” tuturnya.

Ditambahkan, uang tersebut cukup untuk kondisi hidupnya di desa. Untuk makan, lanjutnya, sebagian besar bahan pangan tidak perlu beli karena dipetik dari kebun, sedangkan beras juga hasil panen sendiri.

Sementara BBM cukup Rp 40 ribu karena rumahnya di atas, sedangkan sekolah di lembah, sehingga saat berangkat mesin motor tidak perlu dihidupkan. “Untuk standar hidup saya cukup, tapi belum untuk untuk guru honorer lain dengan kondisi berbeda, misal yang sudah berkeluarga. Bisa jadi gaji ditambah insentif belum cukup untuk kebutuhan sebulan,” terangnya.

Yan Budi adalah guru kelas II SDN Tridadi. Sebelumnya Yan Budi juga viral berkat gambar suasana kota yang dibuatnya saat pelajaran menggambar, mendpat pujian warganet. (Jas)

BERITA REKOMENDASI