Gusdurian – Umat Lintas Agama Bakal Gelar Doa Bersama

WONOSOBO, KRJOGJA.com –  Ribuan masyarakat di Kabupaten Wonosobo, khususnya warga Nahdlatul Ulama (NU), bakal menggelar Khaul ke-10 mantan Presiden RI KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Alun-alun Wonosobo, Minggu (28/12/2019) mendatang.

Selain menggelar doa bersama dilakukan Gusdurian dan umat lintas agama dan budaya, dalam Khaul ke-10 Gus Dur di Wonosobo ini juga bakal menghadirkan kiai kondang Gus Muwafik dan pelawak Kirun. Acara ini juga bakal dihadiri Bupati Wonosobo Eko Purnomo beserta jajaran Muspida, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta berbagai ormas dan organisasi kepemudaan. 

Ketua Komunitas Gusdurian Wonosobo Haki El Ansyari, Kamis (26/12/2019) malam, mengatakan ribuan warga dari berbagai lintas agama dan budaya bakal mengikuti Khaul Gus Dur dengan khidmad. Kegiatan ini didukung penuh oleh PCNU, Fatayat, Ansor, Banser, dan jajaran Pemkab Wonosobo hingga pemerintah tingkat kecamatan.

"Sejauh ini persiapan sudah matang dan melibatkan seluruh elemen masyarakat. Kami patungan dalam mengadakan acara ini. Bahkan umat lintas agama dan budaya, semua terlibat karena sosok Gus Dur yang sangat dikagumi semua elemen,” ujarnya.

Begitu ada rencana mengadakan Khaul Gus Dur, imbuhnya, komunitas Tionghoa dan Gusdurian dengan sukarela langsung menyumbangkan berbagai kebutuhan, salah satunya konsumsi bagi peserta, termasuk jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Wonosobo, sampai pemerintah kecamatan turut membantu dengan suka cita.

Selain pengajian mendatangkan Gus Muwafik dan Kirun, selama acara juga akan digelar pementasan hiburan rakyat seni tradisional dari berbagai  lintas agama. Dalam acara juga digelar doa bersama untuk almarhum Gus Dur dan pembacaan testimoni ketokohan Gus Dur dari orang-orang terdekatnya. (Art)

BERITA REKOMENDASI