Guyangan-Petanahan Rusak Parah

Editor: KRjogja/Gus

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Jalan Guyangan-Petanahan yang menjadi penghubung jalur utama Purwokerto-Yogyakarta dengan jalur alternatif Jalan Daendels, belum bisa dilalui pemudik dengan nyaman. Pemkab Kebumen hanya melakukan penanganan darurat terhadap kerusakan jalan tersebut yang sudah lama terjadi.

Tindakan darurat karena status Jalan Guyangan-Petanahan masih menggantung. Semula jalan tersebut milik Kabupaten Kebumen, namun sudah diserahkan ke Provinsi Jateng meski belum resmi diterima.

"Karena belum resmi menjadi jalan provinsi, Pemkab Kebumen masih berupaya melakukan pemeliharaan yang sifatnya darurat seperti menguruk," terang Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kebumen, Misrodin.

Kerusakan dipicu kendaraan besar bertonase berat yang setiap hari melalui jalan tersebut. Apalagi kelas jalan masih setingkat jalan kabupaten dengan kemampuan menahan beban maksimal 8 ton.

"Sebagai jalan penghubung jalur utama dengan Jalan Daendels, sudah seharusnya kelas Jalan Guyangan-Petanahan ditingkatkan agar mampu dilalui kendaraan berat. Karena itu diserahkan ke provinsi," lanjut Misrodin. (Suk)

 

 

BERITA REKOMENDASI